Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kapolri: Djoko Tjandra Memang Licik

Jumat, 31 Juli 2020 18:19 WIB
Kapolri Idham Azis (Foto: Istimewa)
Kapolri Idham Azis (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kapolri Jenderal Idham Azis menyebut buronan kasus cessie Bank Bali Djoko Tjandra sebagai orang yang licik. Sebelas tahun dia diburu. Selama itu pula Djoko Tjandra berpindah-pindah tempat. Syukurlah, korps baju cokelat dapat meringkusnya.

"Djoko Tjandra ini memang licik dan sangat pandai. Dia kerap berpindah-pindah tempat. Tapi, alhamdulillah, berkat kesabaran dan kerja keras tim, Djoko Tjandra berhasil diamankan," ujar Idham dalam keterangan tertulis, Jumat (31/7).

Kapolri menjelaskan, penangkapan Djoko Tjandra merupakan instruksi langsung Presiden Jokowi yang dikeluarkan sekitar dua pekan lalu.

Baca juga : Polri Sukses Tangkap Djoko Tjandra, Ketua Komisi III DPR Angkat TopiĀ 

Idham menindaklanjuti perintah Jokowi, dengan membentuk tim kecil untuk memburu buronan yang sudah dicari selama 11 tahun itu. "Kita bentuk tim kecil, karena infonya yang bersangkutan berada di Malaysia," bebernya.

Polri pun mengirimkan surat kepada Polisi Diraja Malaysia. Surat tersebut berisi permintaan kerja sama police to police dalam rangka pemulangan Djoko Tjandra ke Indonesia.

Proses kerja sama dan kerja keras tim pun membuahkan hasil. Keberadaan Djoko Tjandra di Kuala Lumpur, Malaysia, diketahui pada Kamis (30/7).

Baca juga : Hari Ini, Pengacara Djoko Tjandra Digarap Polisi

Hari itu juga, Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo pun memimpin proses penangkapan. Didampingi Kadiv Propam Polri Irjen Sigit, Listyo berhasil menangkap Djoko Tjandra dan membawanya pulang ke Indonesia malam harinya.

Eks Kapolda Metro Jaya ini menegaskan, penangkapan Djoko Tjandra menjadi bukti dari komitmen Polri dalam menuntaskan perkara tersebut.

Idham berjanji akan mengusut semua pihak yang terbukti membantu pelarian Djoko Tjandra. Dia tak akan segan mencopot anggotanya yang terbukti terlibat dalam kasus tersebut.

Baca juga : Bawa Djoko Tjandra Ke Indonesia, Menkumham Puji Polri

"Sekali lagi, ini bentuk komitmen kami. Kami akan transparan, objektif, untuk mengusut tuntas apa yang terjadi. Ini merupakan upaya membersihkan oknum-oknum nakal di Polri," tegas Idham. [OKT]

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.