Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Perempuan Jenggala: Ibu Berperan Penting Mendidik Anaknya Di Tengah Pandemi

Rabu, 5 Agustus 2020 13:27 WIB
Perempuan Jenggala saat mendeklarasikan dukungan terhadap Jokowi-Maruf Amin di Pilpres 2019 lalu. (Foto: ist)
Perempuan Jenggala saat mendeklarasikan dukungan terhadap Jokowi-Maruf Amin di Pilpres 2019 lalu. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Perempuan Jenggala, Vicki W Kartiwa mengatakan, di masa pandemi ini orang tua berperan penting dalam mendidik anaknya. Pertumbuhan dan pemahaman anak ditentukan seberapa besar keaktifan orang tua dalam mendidik anaknya.

"Dalam peribahasa, ibu adalah madrasah atau sekolah pertama bagi anak. Bagaimana karakter dan perkembangan anak, ditentukan oleh orang tuanya terkhusus sang ibu," kata Vicki pada acara "Webiner Serial Parenting Solusi Cerdas Mendampingi Anak Masa Pandemi" yang digelar Perempuan Jenggala, Selasa (4/8).

Baca juga : UEA Operasikan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir

Pembelajaran jarak jauh alias sekolah daring mengharuskan orang tua lebih bertanggungjawab dalam melakukan pendidikan bagi anak-anaknya. "Ini salah satu dampak dari pandemi corona," ujarnya.

Selain itu, Vicki mengaku virus asal Wuhan itu bukan hanya berdampak pada sektor kesehatan tapi juga berdampak pada kehidupan perekonomian, pendidikan, sosial perilaku, budaya, dan mental psikis dari anggota masyarakat. Dengan begitu, pemerintah mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang menyangkut pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19. 

Baca juga : Gebuk Lyon Lewat Adu Penalti, PSG Juara Liga Prancis

"Antara lain Social distancing, Physical distancing, stay at home, Pembatasan Sosial Berskala besar, Work From Home, dan Pembelajaran Jarak Jauh," ungkapnya. 

Di kesempatan sama, Ussy Sulistiawaty merasa memiliki tantangan tersendiri saat mendampingi pembelajaran di masa pandemi. Sebagai orang tua, sambung artis yang pernah membintangi sinetron Samson Betawi itu, memiliki tanggung jawab terkait keberlangsungan pendidikan anak di rumah. 

Baca juga : Mendagri: Berkurban Wujud Syukur ASN di Tengah Pandemi Covid

“Saya merasakan betul bagaimana tanggung jawab pendidikan formal itu berpindah kepada kami orang tua yang stay at home. Kami tidak saja berperan mendampingi mereka belajar namun juga memastikan pendidikan tetap menjadi prioritas mereka selama belajar dari rumah dan itu tidak gampang” sebutnya.

Senada disampaikan Kepala Pusat Penguatan Karakter Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Hendarman. Dia menilai pendidikan anak di masa pandemi butuh perhatian orang tua. "Pada dasarnya di masa pandemi ini yang harus diperhatikan adalah menjaga kesehatan diri dan keluarga," pungkasnya. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.