Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Program Pembagian Masker Di Kuningan Di Semangatin Mendagri

Minggu, 16 Agustus 2020 10:36 WIB
Mendagri Tito Karnavian (ketiga kiri) secara simbolis membagikan masker
Mendagri Tito Karnavian (ketiga kiri) secara simbolis membagikan masker

RM.id  Rakyat Merdeka - Di Daerah makin gencar mengkampanyekan pemakaian masker. Salah satunya di Kabupaten Kuningan yang membuat program Gerakan Sejuta Masker.

Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Kuningan, Ika Acep Purnama mengatakan kampanye ini sesuai instruksi Presiden Joko Widodo.

Gerakan Sejuta Masker merupakan bagian dari Gerakan Bersama Bagi Masker (Gebrak Masker). "Presiden Joko Widodo mengintruksikan agar semua daerah terus mengkampanyekan penggunaan masker untuk masyarakat," ujar Ika Acep dikutip dari keterangan pers di Kuningan, Minggu (16/8).

Dalam peluncuran kampanye Sejuta Masker itu juga dihadiri Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Direktur Jenderal Kemendagri, Bupati Kuningan Acep Purnama, Perwakilan Pondok Pesantren, perwakilan kyai setempat dan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI).

Ika menyatakan, bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan akan semakin gencar lagi membagikan masker kepada masyarakat.

Baca juga : ASDP Targetkan Pembelian Tiket di Seluruh Pelabuhan Via Online di 2022

Dia mengaku tim sejuta masker merasa makin bersemangat dengan kehadiran Mendagri. "Alhamdulillah kedatangan jajaran pimpinan Kemendagri memberikan semangat dan kami apresiasi yang setinggi-tingginya. Mudah-mudahan kegiatan kami terus semangat di tengah pandemi Covid-19," katanya.

Pihaknya juga dari acara ini mendapatkan ilmu bagaimana cara untuk membagikan masker di tengah-tengah masyarakat. Apalagi tadi juga dihadirkan Ahli Virologi yang begitu gamblang.

"Penjelasannya dan makin meyakinkan kami bahwa memakai masker adalah cara sederhana untuk mencegah penularan Covid-19." ujarnya.

Dalam arahannya, Mendagri Tito Karnavian mengapresiasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuningan yang telah melaksanakan Instruksi Presiden Joko Widodo, agar semua kepala daerah menggencarkan kampanye pemakaian masker selama dua minggu ke depan.

“Saya juga meminta agar seluruh kepala daerah untuk melaksanakan perintah Presiden untuk melakukan Gerakan Bagi Masker secara masif kepada masyarakat karena memang pemakaian masker yg benar dapat menurunkan risiko terpapar Covid-19 secara signifikan," ujar Tito.

Baca juga : BNI Promosikan UMKM Lewat Cabang Luar Negeri

Sementara, pengurus Pondok Pesantren Al-Amin mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat, provinsi maupun Pemkab Kuningan yang telah memberikan motivasi kepada masyarakat terutama yang ditandai dengan adanya gerakan pemberian jutaan masker ini.

"Gerakan ini memberikan ghiroh kepada santri untuk senantiasa menjaga kesehatan. Walaupun kegiatan belajar mengajar sekarang sudah dimulai namun kita tentunya melalui gerakan jutaan masker ini akan kami bagikan kepada santri, supaya santri tetap menjaga kesehatan melalui memakai masker yang diberikan oleh pemerintah pada kesempatan kali ini," tuturnya.

Sedangkan, Pengurus Cabang (PC) Nahdlatul Ulama (NU) K.H. Abdi Syamsu Fatah, berpesan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Kuningan untuk tetap konsisten menjaga kesehatan dengan memperhatikan protokol kesehatan kaitan dengan pencegahan Covid-19.

"Karena wabah Covid-19 ini masih melanda dunia dan kita semua harus kompak kerjasama secara sinergis dengan pemerintah pusat, provinsi dan daerah. Kemudian, Sebagai suatu bangsa harus tetap bersatu tidak mudah terprovokasi dengan isu-isu yang tidak jelas," jelas Abdi Syamsu Fatah.

Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) II Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Kuningan Masruri menyampaikan, gerakan membagikan jutaan masker ini dapat efektif mencegah penyebaran Covid-19.

Baca juga : Jokowi: Media Jangan Dikendalikan Untuk Mendulang Klik Atau Like

Dia mengatakan, dengan kehadiran Mendagri merupakan bentuk support yang luar biasa terutama bagi daerah khususnya di Kabupaten Kuningan.

"Mudah-mudahan dengan support dari pemerintah pusat ini juga menjadi motivasi bersama di dalamnya termasuk elemen masyarakat terutama elemen kepemudaan," ucapnya. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.