Dark/Light Mode

Program Gebrak Masker Dianggap Langkah Konkret Lawan Covid-19

Selasa, 18 Agustus 2020 11:55 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

RM.id  Rakyat Merdeka - Program pembagian masker yang diinisiasi oleh Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) bareng Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) dianggap langkah nyata membantu pemerintah.

Program TP PKK dan IKAPTK yang mendapat arahan langsung dari Presiden Joko Widodo demi mencegah penyebaran Covid-19 itu dinamakan Gerakan Bersama Bagi Masker (Gebrak Masker).

Guru Besar Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Prof. Juanda mengatakan bahwa program Gebrak Masker sebagai bentuk konkrit dalam mengatasi penularan Covid-19.

"Gerakan dan program dari TP PKK untuk membantu mensosialisasikan dan membagikan masker di seluruh indonesia adalah sangat perlu di dukung dan diapresiasikan sebagai bentuk konkrit dan nyata guna membantu pemerintah menangani Covid-19," ujarnya, Senin (17/8).

Dia bilang keputusan Presiden Jokowi dinilai sangat tepat dalam memberikan arahan langsung kepada PKK untuk sosialisasikan dan membagikan masker kepada masyarakat.

Baca juga : Golkar Apresiasi Pemenang Lomba Foto Tegar Melawan Covid-19

Pasalnya, program tersebut akan menjangkau banyak masyarakat karena keberadaan kader PKK ada di seluruh wilayah Indonesia.

"Kepedulian ibu ibu PKK dimaksud salah satu gerakan yang dapat menjangkau dan melibatkan banyak warga sampai ke RT dan RW di Kelurahan dan Desa," jelasnya.

Sementara itu IKAPTK dengan Ketua Umumnya Akmal Malik yang juga merupakan Dirjen Otda Kemendagri merupakan organisasi yang strategis. Beranggotakan 65.000 se-Indonesia yang menduduki jabatan dari Lurah hingga Dirjen. Bahkan ada yang menjabat Gubernur, Bupati Walikota dan anggota legislatif.

Menurut Juanda, kebersamaan PKK dengan IKAPTK maupun komponen masyarakat lain dalam menjalankan program Gebrak Masker ini akan sangat efektif dalam menekan penularan virus Corona.

Sementara itu, Prof. Marcus Priyo Gunarto Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Gajahmada menyatakan bahwa arahan Presiden Jokowi membagi masker dan sosialisasi protokol kesehatan melalui PKK merupakan langkah yang tepat.

Baca juga : Program Pembagian Masker Di Kuningan Di Semangatin Mendagri

Gerakan PKK merupakan gerakan nasional yang sudah sampai ke kampung-kampung.

"Dengan melibatkan ibu-ibu maka gerakan menggunakan masker akan lebih cepat terlaksana secara meluas, karena kalau ibu-ibu yang mengingatkan terhadap anggota keluarga akan lebih mengena dan ditaati," ucapnya.

Arahan Presiden ini juga, menurutnya, sejalan dengan 10 Pokok Program PKK, yaitu Program Kesehatan dan Perencanaan sehat. Menurutnya dalam program kesehatan setiap orang mempunyai tugas kewajiban dan tanggung jawab.

"Setiap orang bertanggung-jawab untuk memelihara kesehatan diri sendiri, keluarga dan lingkungannya. Sementara perencanaan sehat mencakup antara lain upaya meningkatkan kemampuan keluarga untuk mengelola keuangan keluarga secara efektif, efisien dengan memperhatikan kepentingan masa depan," jelas Marcus.

Untuk diketahui, dalam menggulirkan arahan Presiden Joko Widodo, Ketum TP-PKK Tri Tito Karnavian melepas Gebrak Masker bersama seluruh kader TP-PKK se-Indonesia yang didukung penuh oleh Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) melalui Kegiatan Kampanye Hidup Sehat Melalui Budaya Memakai Masker "Gebrak Masker".

Baca juga : FKG Usakti Ajak Masyarakat Lindungi Anak dari Penyebaran Covid-19

Sebelumnya Ketum TP PKK Tri Tito Karnavian telah meresmikan kegiatan PKK Gebrak Masker di Indramayu sebanyak 2 juta masker, Jawa Timur 26 juta masker, Depok 2 Juta masker, Kuningan 1 juta masker dan Sulawesi Utara.

Kegiatan launching serentak tersebut dilaksanakan seusai memperingati Dirgahayu Republik Indonesia ke-75 bertempat di Kantor Kemendagri Jakarta Pusat. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.