Dark/Light Mode

Speedboat Ternate-Ambon Tenggelam, Seorang Penumpang Masih Hilang

Kamis, 20 Agustus 2020 13:16 WIB
Speedboat tenggelam/ilustrasi (Foto: Istimewa)
Speedboat tenggelam/ilustrasi (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate, Maluku Utara (Malut), melaporkan, sebuah speedboat atau perahu motor cepat rute Kota Ternate-Ambon berpenumpang empat orang tenggelam di perairan Pulau Mandioli, Halmahera Selatan (Halsel) Rabu malam (19/8) malam. Seorang penumpang hilang dalam kecelakaan ini.

Seperti dikutip Antara, Kepala Basarnas Ternate Muhamad Arafah melaporkan, personelnya yang ditempatkan di Pos Unid Siaga SAR Bacan menerima informasi dari warga bernama Andri bahwa speedboat dengan rute Ternate-Ambon tenggelam, di Perairan Pulau Mandioli, Kabupaten Halmahera Selatan. Pihaknya langsung melakukan pencarian. Dalam pencarian itu, personelnya berhasil menyelamatkan tiga penumpang speedboat. Yaitu, Ikram Marassabesi, Ibrahim Marassabesi, dan Ismail Marassabesi asal Kota Ambon. Mereka berhasil diselamatkan dan menjalani perawatan medis. Sedangkan satu korban lainnya, Asrul Marassabesi, dinyatakan hilang dan masih dalam pencarian dengan dibantu tim Ditpolairud Polda Malut serta personel Lanal Ternate.

Baca juga : Banyak Maskapai Terancam Bangkrut

Arafah menjelaskan, pada 18 Agustus 2020 sekitar pukul 05.00 WIT, empat orang ini berangkat dengan menggunakan satu unit Speedboat dari Ternate menuju Kota Ambon. Speedboat yang mereka tumpangi Kemudian tenggelam di antara perairan Pulau Mandioli-Obilatu. Keempat korban kemudian menyelamatkan diri dengan menggunakan jerigen dan terapung-apung. Ikram, salah satu korban, memberanikan diri berenang menuju ke daratan dan meninggalkan ketiga rekannya yang masih terapung-apung untuk mencari bantuan.

Pada 19 Agustus 2020 sekitar pukul 16.00 WIT, ia berhasil diselamatkan nelayan sekitar di Perairan Wayaua, Kabupaten Halsel. Korban langsung dibawa menuju Babang, Bacan, dan segera menginformasikan detail kejadian kepada personil Polair Babang yang sedang bertugas. Saat itu, Kansar Kota Ternate berkoordinasi dengan Unit Siaga SAR Bacan serta Instansi berpotensi SAR di wilayah Kabupaten Halmahera Selatan dan Koordinator Unit Siaga SAR Bacan beserta personil segera menuju ke Polres Kabupaten Halmahera Selatan untuk mengumpulkan informasi lebih detail dikarenakan satu korban yang ditemukan selamat di bawa menuju ke Polres Kabupaten Halmahera Selatan.

Baca juga : Kementan Pastikan Perunggasan Nasional Masih Stabil

Pada 20 Agustus 2020, sekitar pukul 10.00 WIT, Tim Rescue Unit Siaga SAR Bacan melakukan pencarian terhadap satu orang korban speedboat tenggelam yang belum ditemukan dengan menggunakan RIB 01 Bacan. Ada pun area pencarian terfokus di pesisir Perairan Desa Wayawua dengan Luas Area ± 157 km2 sekaligus memantau rompon-rompon yang berada di sekitar perairan tersebut hingga hari ini operasi SAR telah memasuki hari ke dua. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.