Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Hari Ini Hadapi Sidang Etik

Firli Pantang Mundur

Selasa, 25 Agustus 2020 05:41 WIB
Ketua KPK Firli Bahuri (Foto: Tedy O Kroen/RM)
Ketua KPK Firli Bahuri (Foto: Tedy O Kroen/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Firli Bahuri punya tugas berat untuk memberantas korupsi di negeri ini. Namun, Ketua KPK itu malah sibuk dengan urusan sendiri. Hari ini, dia harus menjalani sidang etik di Dewan Pengawas (Dewas) KPK setelah ketahuan naik helikopter. Semoga sidang ini tidak membuat agenda pemberantasan korupsi terganggu.

Firli memastikan akan menghadiri sidang etik itu. Menurut dia, sidang etik merupakan momentum untuk mengklarifikasi dan menjelaskan secara detail objek permasalahan yang menimpanya. "Saya akan hadiri karena sidang ini kegiatan yang dilakukan sebagai wujud amanat undang-undang. Saya sangat menghargai proses ini," ujarnya, kemarin. 

Baca juga : Firli, Selamat?

Dia mencoba menyakinkan publik, sidang etik tak membuatnya berhenti bekerja memberantas korupsi. Sebagai contoh, sehari menjelang sidang etik itu, dia sibuk mempersiapkan agenda Pencanangan Aksi Nasional Pencegahan Korupsi (ANPK) yang akan digelar besok. 

Kemarin pagi, pukul 09.30, Firli dan pimpinan KPK lain melaporkan persiapan kegiatan itu ke Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin di kantor mereka masing-masing. "Saya ini orang kerja. Prinsipnya, saya tetap kerja saja. Orientasi saya pribadi adalah kerja dan kerja, memberikan pengabdian terbaik," ucap jenderal polisi bintang tiga ini. 

Baca juga : Cegah Covid, Ini Adaptasi Kebiasaan Baru Pelindo 3

Firli menjelaskan, dirinya menggunakan helikopter dari Palembang ke Baturaja karena alasan mobilitas. Dia menyatakan membayar sendiri biaya sewa helikopter itu. "Jangankan uang dan harta, nyawa pun saya pertaruhkan untuk bangsa dan negara," klaimnya. 

Eks Kapolda Sumsel ini pun mengingatkan, dirinya sudah 36 tahun mengabdi ke negara. "Masa saya harus menodai bakti dan pengabdian saya tersebut dikarenakan hanya saya menggunakan helikopter untuk efektivitas," protes Firli. 

Baca juga : Ini Susunan Acara Sidang Tahunan MPR

Plt Juru Bicara KPK Bidang Pencegahan, Ipi Maryati Kuding membenarkan, jelang sidang etik, Firli masih bekerja. Selain ke Istana Negara dan Istana Wapres, Firli juga mengikuti sejumlah kegiatan di kantornya. "Ngantor hari ini. Ada beberapa agenda internal, Rapim, dan terkait ke-SDM-an," ungkap Ipi, saat dikontak Rakyat Merdeka, semalam. 

Ipi ikut memastikan, jadwal sidang etik tak mengganggu kegiatan Firli di KPK. "Agenda yang sudah terjadwal tetap berjalan," imbuhnya. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.