Dark/Light Mode

Terima Bantuan Subsidi Gaji Dari Presiden Secara Simbolis, Perawat Ini Terisak

Kamis, 27 Agustus 2020 11:53 WIB
Tangkapan layar Evi, perawat RS Mitra Keluarga, Jakarta yang menerima bantuan subsidi gaji secara simbolis di Istana Negara, Kamis (27/8). (Sumber: YouTube)
Tangkapan layar Evi, perawat RS Mitra Keluarga, Jakarta yang menerima bantuan subsidi gaji secara simbolis di Istana Negara, Kamis (27/8). (Sumber: YouTube)

 Sebelumnya 
Kepala Negara lalu menanyakan, akan dipakai untuk apa bantuan tersebut.

Ditanya begitu, Evi mendadak tercekat. Dari balik masker bermotif 75 Tahun Indonesia Maju, Evi menjawab dengan nada tercekat. Tak kuasa menahan haru. "Sebelumnya saya pribadi mengucapkan...," jawab Evi, yang jeda beberapa saat.

Baca juga : BP Jamsostek Cilandak Berhasil Kumpulkan 248 Ribu Pekerja

Matanya tiba-tiba sembab, memerah. Sesekali, ia menatap ke atas menahan air matanya, agar tidak keluar. "Mau dipake apa Bu?" tanya Jokowi lagi. "Mau mengucapkan terima kasih, kepada Bapak Pemerintah dan BP Jamsostek. Yang sudah memberikan kami, semua masyarakat yang membutuhkan bantuan," lanjut Evi terbata-bata.

Ia kemudian curhat. Selama pandemi Covid-19, dirinya dan karyawan lain di tempat dia bekerja mengalami pemotongan gaji. "Kita juga di perusahaan, di rumah sakit juga mengalami penurunan. Satu bulan itu, kita setiap karyawan itu mendapatkan cuti di luar tanggungan. Jadi, kita setiap bulan itu dipotong gaji pak," ungkapnya, yang direspon dengan anggukan Jokowi.

Baca juga : Mantu Presiden Jokowi Akan Gencar Sosialisasi Kampanye Lewat Daring

"Jadi, dengan bantuan subsidi Bapak ini, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Pemerintah, Bapak Jokowi dan BP Jamsostek. Mungkin itu saja Pak," tutup Evi.

Selain perawat, pihak Istana juga mengundang guru honorer, petugas pemadam kebakaran honorer, karyawan hotel honorer, tenaga medis, hingga petugas kebersihan untuk menerima bantuan pemerintah subsidi gaji secara simbolis di Istana Negara, Jakarta.

Baca juga : ASUPZI Turun Tangan Edukasi Gizi Seimbang pada Anak

Dalam acara peluncuran bantuan tersebut, Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah ikut hadir.

Bantuan subsidi gaji ini diberikan kepada karyawan yang aktif membayar iuran BPJS Ketenagakerjaan dengan upah di bawah Rp 5 juta. Masing-masing akan mendapat bantuan Rp 2,4 juta yang akan disalurkan selama 2 tahap. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.