Dark/Light Mode

ASUPZI Turun Tangan Edukasi Gizi Seimbang pada Anak

Jumat, 21 Agustus 2020 08:31 WIB
Ketua ASUPZI Indah Harum Kusuma (Foto: Istimewa)
Ketua ASUPZI Indah Harum Kusuma (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Masalah gizi buruk masih menghantui sebagian besar balita di Indonesia adalah gizi buruk. Ada berbagai faktor yang menimbulkan masalah gizi buruk pada anak-anak, salah satunya rendahnya pengetahuan orang tua terhadap kecukupan gizi anak. Alhasil, sebagian anak-anak memperoleh gizi sekadarnya Sebagai bentuk kepedulian terhadap gizi anak, khususnya usia balita, Asosiasi UKM Peduli Gizi (ASUPZI) mengambil peran dalam pembinaan tiga belas merk dagang berskala UKM yang beranggotakan 300 mitra di seluruh Indonesia, untuk menjadi duta dan ahli dalam memberikan informasi mengenai kebutuhan nutrisi yang tepat untuk anak kepada konsumen.

Ketua ASUPZI Indah Harum Kusuma mengatakan, penjual makanan bayi harus paham soal kebutuhan konsumen. Jangan hanya menjual dan mendapatkan untung semata. Mereka juga harus mempunyai tanggung jawab moral dan memegang peranan penting menyampaikan pengetahuan gizi anak ke konsumen. ASUPZI pun memberikan pelatihan terhadap UKM binaan tersebut secara rutin.

Baca juga : Turun ke Ranting, Afifah Panaskan Mesin PDIP Sambut Pilkada Depok

"Para UKM ini berani menjadi duta nutrisi. Sebelumnya, pemahaman mereka mengenai bahayanya makanan untuk anak yang bisa dibilang hanya mengandalkan nama 'organik' dengan bahan baku yang belum jelas proses pembuatannya," kata Indah, Jumat (21/8).

Indah melanjutkan, tujuan dari ASUPZI adalah seluruh anggotanya harus bisa menjadi pusat informasi bagi masyarakat mengenai pentingnya gizi untuk anak. "Kami bekerja sama dengan brand NAYZ, karena memang sudah lengkap sertifikasinya, serta produk MPASI Pertama homemade dan organik. Kerja sama ini juga dilakukan untuk melakukan penyuluhan kepada masyarakat mengenai pentingnya asupan nutrisi untuk anak disamping mengedukasi para peserta UKM binaan kami," ujar Indah.

Baca juga : Pengamat: Tuntutan Deklarasi KAMI Ngawang Dan Abstrak

Tiga belas brand UKM yang dibina dan tergabung dalam ASUPZI berangotakan mayoritas ibu-ibu yang memiliki usaha makanan bayi. Probio, Little Spun, Brainy, Baby Blend, Baby Bee, Enerzy, Happy Tummy, Gold N’ me, Imune, Kawaina, Baby-O, My Mini Me, dan greeny adalah brand yang tergabung dalam ASUPZI. "Karenanya 13 UKM tersebut akan menjual makanan untuk anak dengan bahan baku yang memang sudah memiliki standard dari pemerintah," pungkas Indah. [KW]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.