Dark/Light Mode

Di Zaman JK

Menteri Takut Ke Wapres

Selasa, 8 September 2020 06:50 WIB
Mantan Wapres Jusuf Kalla (Foto: Istimewa)
Mantan Wapres Jusuf Kalla (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Selama hampir 11 bulan Kabinet Indonesia Maju berjalan, ternyata masih ada menteri yang belum sowan ke kantor atau ke rumah dinas Wapres KH Ma’ruf Amin. Apakah hal ini wajar? Bagaimana saat Jusuf Kalla (JK) menjabat Wapres dulu, apakah hal begini juga terjadi?

Husain Abdullah, jubir Wapres di era JK, mengatakan, bosnya terbilang sosok yang gaul. JK juga rutin menindaklanjuti hasil sidang kabinet dengan sejumlah menteri, Tak heran, banyak menteri yang berkunjung sambil nyeruput teh di kantor JK.

Baca juga : Wafat, Mantan Menteri Prof Abdul Malik Fadjar

"Seingat saya, Pak JK itu gaul dengan semua menteri-menteri. Sering ketemu sejak awal. Saya sulit bedakan itu sowan atau apa namanya," tutur orang dekat JK ini, saat dikontak Rakyat Merdeka, kemarin.

Dalam agenda formal, JK biasa rapat satu atau dua kali dalam sebulan. Namun, kata Husain, tiap minggu ada saja menteri yang ingin bertemu, untuk mengkoordinasikan kegiatan pemerintahan. Pertemuan semacam ini, sangat santai. Biasanya berlangsung saat jam makan siang atau sore sambil ngeteh.

Baca juga : Pengurus DPC Demokrat Pulau Seribu Dukung AHY Nyapres

Husain juga menyebut, pertemuan JK dengan para menteri tergantung situasi dan kondisi. Apabila sibuk, dan tidak memungkinkan bertemu, JK tak sungkan menelepon menterinya. Beberapa kali, Wapres ke-10 dan 12 ini memanggil menteri yang bersangkutan untuk rapat dengannya.

"Simpel saja sih. Biasa juga memanggil rapat kalau ada kebijakan yang harus di-follow up dari hasil sidang kabinet. Tentu atas pengetahuan Presiden," ungkap Husain.

Baca juga : Ternyata, Masih Ada Menteri Yang Belum Sowan Ke Wapres

Kenapa para menteri senang bertemu JK? Biasanya, dalam rapat-rapat seperti ini, politisi senior Partai Golkar itu selalu memberikan solusi dan strategi. Sehingga menteri punya opsi untuk mengeksekusi kebijakan di lapangan.

"Pertemuannya selalu hangat. Dalam rapat, biasa Pak JK memberi arahan tegas kepada menteri dan juga mengapresiasi pekerjaan mereka. Pak JK selalu cair orangnya, dan menempatkan diri sebagai Wapres sekaligus senior yang baik," tutur Husain.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.