Dark/Light Mode

Ternyata, Masih Ada Menteri Yang Belum Sowan Ke Wapres

Senin, 7 September 2020 06:47 WIB
Wapres KH Ma`ruf Amin (Foto: Twitter @Kiyai_MarufAmin)
Wapres KH Ma`ruf Amin (Foto: Twitter @Kiyai_MarufAmin)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kabinet Indonesia Maju sudah menginjak usia hampir 11 bulan. Dalam rentang waktu itu, ternyata belum semua menteri sowan secara pribadi dan khusus bertandang ke Wapres KH Ma’ruf Amin. Baik di kantor Wapres atau di rumah dinas Wapres. Yang sering sowan cuma Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang, dan yang terakhir Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Jubir Wapres, Masduki Baidlowi, menerangkan, semua menteri sebenarnya sudah bertemu dengan Kiai Ma’ruf. Namun, kebanyakan di acara formal. Seperti dalam rapat atau koordinasi. 

Untuk yang melakukan silaturahmi dan bertemu secara khusus, belum semuanya. Menteri yang paling sering bertemu adalah Airlangga, Agus Gumiwang, dan Erick Thohir. Hanya saja, pertemuan tersebut tidak banyak diberitakan dengan berbagai alasan. Apalagi belakangan ada orang yang menghubungkan dengan hoaks pergantian Wapres. 

Baca juga : Menteri Suharso Ngarep Babel Bisa Jadi Tuan Rumah Event Internasional

"Di era seperti ini, hati-hati, karena banyak yang ingin mengadu domba,” ujarnya, kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Selanjutnya, kata Masduki, Kiai Ma'ruf juga pernah bertemu dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani. Pertemuan itu membahas soal perkembangan ekonomi syariah. 

Yang terbaru, Kiai Ma’ruf bertemu dengan Prabowo, Kamis pekan lalu (3/9). Pertemuan itu, kata Masduki, dalam rangka menjalankan tugas Presiden Jokowi. Prabowo melapor ke Wapres soal program food estate untuk menjaga ketahanan pangan di Kalimantan Tengah. Kata Masduki, Wapres mengapresiasi kunjungan tersebut karena secara etika sudah sangat tepat dan bagus. Prabowo mengetahui ke mana harus melapor. Apalagi usia Wapres lebih sepuh dan Prabowo paham adat ketimuran.

Baca juga : Umrah Masih Tunggu Penerbangan dan Protokol Kesehatan

Meski belum semua menteri berkunjung secara khusus ke Wapres, Masduki memastikan tidak ada istilah sudah sowan atau belum. Sebab, meski belum dikunjungi, Wapres sudah bertemu dengan semua menteri dalam beberapa kali rapat. "Jadi, tidak ada pembedaan apa sudah sowan apa belum," tegasnya.

Sebelum pandemi, tambah Masduki, Wapres sebenarnya punya kebiasaan berolahraga jalan santai di pagi hari. Nah, sambil berolahraga, Wapres biasanya berkunjung ke kantor-kantor strategis. Di awal-awal masa jabatan, misalnya, Wapres berkunjung ke Mabes TNI AD, Mabes TNI AL, Kopassus, dan Polri. 

Rencana awalnya, agenda olahraga tersebut akan dilanjutkan ke beberapa tempat seperti kementerian. "Rencananya, kunjungan itu mau digilir. Namun, karena keburu ada pandemi, agenda tersebut terhenti," terangnya. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.