Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Inovasi Keren UGM

Deteksi Covid, Kini Cukup Dengan Hembusan Napas

Selasa, 15 September 2020 17:33 WIB
Inovasi Keren UGM Deteksi Covid, Kini Cukup Dengan Hembusan Napas

RM.id  Rakyat Merdeka - Inovasi uji Covid-19 dengan kualitas setara swab test atau tes PCR (Polymerase Chain Reaction), akan segera hadir. Hanya dengan hembusan napas melalui alat bernama GeNose, seseorang akan terdeteksi, apakah positif Covid atau tidak.

Inovasi keren dari Universitas Gadjah Mada (UGM) ini bekerja secara cepat dan akurat, dalam mendeteksi Volatile Organic Compound (VOC), yang terbentuk karena adanya infeksi Covid-19 yang keluar bersama nafas seseorang.

Baca juga : Implementasikan 71 Persen TKDN Pertashop, Pertamina Gandeng 9 Perusahaan Nasional

Nafas diindera melalui sensor-sensor dan kemudian diolah datanya dengan bantuan kecerdasan buatan (artificial intelligence), untuk pendeteksian dan pengambilan keputusan.

Selain unsur kecepatan dan keakurasian, GeNose didesain sangat handy. Sehingga, dapat dioperasikan oleh seseorang secara mandiri dan efisien.

Baca juga : Strategi Pemerintah Tangani Covid-19 Adalah Dengan Perbanyak Kampanye

GeNose merupakan inovasi pertama di Indonesia untuk mendeteksi Covid-19 melalui hembusan nafas, yang aplikasinya terhubung dengan sistem cloud computing untuk mendapatkan hasil diagnosis secara real time.

Hebatnya, GeNose juga mampu bekerja secara paralel, melalui proses diagnosis yang tersentral di dalam sistem. Sehingga, validitas data dapat terjaga untuk semua alat yang terkoneksi.

Baca juga : Menkop UKM Fasilitasi Koperasi Nelayan Dengan Perusahaan Perikanan

Data yang terkumpul di dalam sistem, selanjutnya dapat dimanfaatkan untuk keperluan pemetaan, pelacakan dan pemantauan penyebaran pandemi secara aktual.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.