Dark/Light Mode

Inovasi Keren UGM

Deteksi Covid, Kini Cukup Dengan Hembusan Napas

Selasa, 15 September 2020 17:33 WIB
Inovasi Keren UGM Deteksi Covid, Kini Cukup Dengan Hembusan Napas

 Sebelumnya 
Uji profiling (kalibrasi) GeNose.sudah dilakukan dengan menggunakan 600 sampel data valid di Rumah Sakit Bhayangkara dan Rumah Sakit Lapangan Khusus Covid Bambanglipuro di Yogyakarta. Hasilnya, menunjukkan tingkat akurasi tinggi, yaitu 97 persen.

Selanjutnya, GeNose memasuki tahap uji diagnostik (uji klinis) yang akan dilakukan secara bertahap, dan tersebar di sejumlah rumah sakit di Indonesia.

Baca juga : Implementasikan 71 Persen TKDN Pertashop, Pertamina Gandeng 9 Perusahaan Nasional

Diharapkan, keandalan alat, keakurasian data, dan kesahihan metode yang diterapkan dapat meningkatkan keyakinan pengguna akhir, untuk segera mengadopsi aplikasi GeNose bagi kepentingan masyarakat luas.

Inovasi ini dikerjakan bersama dengan spirit gotong-royong yang meliputi tim ahli lintas bidang ilmu di UGM, yaitu: Dr. Eng. Kuwat Triyana, M.Si (FMIPA); dr. Dian Kesumapramudya Nurputra, Sp.A, M.Sc., Ph.D. (FKKMK); Dr. Ahmad Kusumaatmaja (FMIPA); dr. Mohamad Saifudin Hakim, M.Sc., Ph.D (FKKMK) dan para mitra industri strategis yang berkomitmen dalam hilirisasi hasil riset dan inovasi kampus.

Baca juga : Strategi Pemerintah Tangani Covid-19 Adalah Dengan Perbanyak Kampanye

Semoga, inovasi GeNose dapat dihilirisasi dan dapat segera dimanfaatkan untuk membantu penanganan Covid-19 sebelum akhir tahun 2020. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.