Dewan Pers

Dark/Light Mode

Bantu Kesulitan Warga Saat Pandemi

Masyarakat Apresiasi Gerakan Berbagi “Indonesia Care”

Jumat, 25 September 2020 19:32 WIB
Bantu Kesulitan Warga Saat Pandemi Masyarakat Apresiasi Gerakan Berbagi “Indonesia Care”

RM.id  Rakyat Merdeka - Matahari pagi ini masih malu-malu bersinar, tapi puluhan ibu-ibu sudah tampak antri panjang mengular di jalan akses menuju Kodiklat TNI Pamulang, Tangerang Selatan, Jumat (25/9).

Ibu-ibu yang mayoritas mengenakan daster tersebut tengah menunggu giliran memilih bahan pangan yang dibagikan secara gratis, hasil donasi yang diterima lembaga kemanusiaan Indonesia CARE dari masyarakat.

Setelah sukses kegiatan digelar di Sunter, Jakarta Utara Jumat pekan lalu, Jumat (25/9/2020) ini, kegiatan dilaksanakan di wilayah Pamulang, Tangerang Selatan. "Harapannya, tentu dapat menginspirasi masyarakat untuk meneruskan apa yang kami sebut Gerakan Saling Berbagi (GSB) ini," ujar Direktur Program Indonesia Care, Mega Wati.

Berita Terkait : Bertahan Saat Pandemi, Mandiri Syariah Andalkan Layanan Digital

Kegiatan GSB ini, lanjutnya, akan terus dilanjutkan di sejumlah lokasi yang dianggap memiliki lebih banyak masyarakat pra sejahteranya. "Mereka paling merasakan dampak penerapan PSBB kedua ini," ungkap Mega.

Wanita berhijab ini merinci paket bahan pangan yang disalurkan dari para donatur itu, meliputi sayur mayur, beras, lauk pauk seperti tempe dan tahu. Termasuk roti dan mie instan. "Bisa pula nanti ditambahkan susu dan buah," tambah aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ini.

Menanggapi aksi ini, Ketua RT. 001 RW 02 Kelurahan Buaran, Pamulang, Tangerang Selatan, Sumantri, mengapresiasi kegiatan tersebut. Ia berharap kegiatan ini bahkan bisa dilaksanakan setiap hari, terutama saat Pandemi berlangsung. "Kasihan, mereka merasakan sekali dampaknya, terutama yang bekerja di sektor harian," akunya.

Berita Terkait : Pilkada Digelar Saat Pandemi, Eksekutif dan Legislatif Dianggap Tidak Prihatin

Isi paket pun ia harap bisa lebih variatif. Bukan hanya satu jenis, tapi beragam, dari beras, sayuran hingga lauk-pauk. "Kalau bisa jangan memilih satu macam aja," harap Sumantri.

Di tempat yang sama, salah satu penerima manfaat, Mak Ecin (90), menyampaikan terima kasihnya kepada para dermawan yang sudah mau berbagi. Ia mendoakan kemudahan rezeki dan diberi kesehatan bagi para donatur.

Bagi masyarakat yang ingin ikut berpartisipasi pada program Gerakan Saling Berbagi ini, lanjut Mega, bisa menyalurkan langsung kepada mereka yang membutuhkan di lingkungan masing-masing. Atau bisa juga datang ke lokasi kita langsung, dengan membawa bahan pangan yang ingin dibagikan.

Berita Terkait : Pasca Banjir, Pabrik AQUA Mekarsari Kembali Beroperasi

"Bisa juga dengan dana melalui rekening Indonesia CARE di BNI Syariah 7000-555-292," tutupnya. [BCG]