Dark/Light Mode

Soal Internet Gratis Untuk PJJ

KPAI: Peserta Didik dan Orangtua Minta Kuota Umum Ditambah

Sabtu, 26 September 2020 19:27 WIB
Ilustrasi siswa sedang melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di musim pandemi ini. (Foto: Dwi Pambudo/RM)
Ilustrasi siswa sedang melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di musim pandemi ini. (Foto: Dwi Pambudo/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) bidang pendidikan Retno Listyarti melalui aplikasi WhatsApp, Twitter dan Facebook mendapat pengaduan pada tanggal 23-25 September 2020.  Pengaduan itu soal usulan perubahan kuota internet dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) untuk Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Usulan perubahan disampaikan karena kuota umum 5 GB dianggap kurang, sementara kuota belajar 30 GB terlalu banyak.

Baca juga : Maunya Gerindra Diiyakan Jokowi

Retno mengatakan para pengadu hanya menyampaikan agar keluhan dan usulan mereka disampaikan kepada pengambil kebijakan di Kemdikbud. "Jumlah pengadu mencapai 50 orang (per tanggal 25/9), terdiri dari siswa, guru dan orangtua melalui medsos tetapi mayoritas pengadu adalah usia anak dengan jenjang pendidikan terbanyak adalah SMA/SMK, " ungkap Retno, Sabtu (26/9).

Retno menambahkan wilayah pengadu cukup bervariatif, yaitu 24% berasal dari DKI Jakarta, 18% berasal dari Jawa Barat, 16% berasal dari Sumatera Barat, 8% berasal dari Jawa Tengah, masing-masing 6% berasal dari Riau dan Sumatera Utara; masing-masing 4%  "Sementara yang berasal dari Banten dan NTB, masing-masing 2% berasal dari Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara dan Papua, " tambah Retno.

Baca juga : Langgar Aturan, Peserta CFD Jakarta Timur Disuruh Mungut Sampah

Para pengadu, menurut Retno mengeluhkan kebijakan kuota dari Kemdikbud dengan ketentuan yang dianggap tidak sesuai dengan kebutuhan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Pada ketentuan yang sebelumnya diberikan Kemendikbud, yaitu: paket kuota internet untuk peserta didik PAUD mendapatkan 20 GB per bulan dengan rincian 5 GB untuk kuota umum dan kuota belajar 15 GB.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.