Dark/Light Mode

Langgar Aturan, Peserta CFD Jakarta Timur Disuruh Mungut Sampah

Minggu, 28 Juni 2020 12:56 WIB
Langgar Aturan, Peserta CFD Jakarta Timur Disuruh Mungut Sampah

RM.id  Rakyat Merdeka - Para pelanggar protokol kesehatan dalam kegiatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) di Jalan Pemuda, Rawamangun, Jakarta Timur, Minggu (28/6) dikenai sanksi memungut sampah oleh Satpol PP Jakarta Timur.

"Kita kerahkan seluruh anggota, Satpol PP dan Dishub. Kalau tertangkap tidak pakai masker, langsung kita tindak," kata Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Lingkungan Hidup Pemkot Jaktim, Kusmanto, seperti dikutip Antara, Minggu (28/6).

Pelanggar CFD Jakarta Timir dikenai sanksi memungut sampah, Minggu (28/6). (Foto: Antara)

Baca juga : Presiden Trump Minta Tes Covid-19 Diperlambat

Petugas disebar ke berbagai penjuru kawasan. Mulai dari lokasi penyekatan di Simpang Velodrome hingga Simpang Jalan Raya Bekasi. Area CFD sepanjang 1,6 kilometer itu tampak ramai dengan aktivitas warga yang berolahraga lari, berjalan kaki, hingga bersepeda.

Petugas Satpol PP secara rutin mengumumkan protokol kesehatan menggunakan alat pengeras suara agar warga waspada terhadap penularan Covid-19. Warga yang datang ke lokasi tanpa menggunakan masker, langsung dilarang oleh petugas di titik penyekatan. Sementara peserta yang kedapatan tak bermasker di area CFD, diberikan saksi berupa memungut sampah dan menyapu jalanan.

Baca juga : Langgar Aturan Transportasi New Normal, Izin Operator Bisa Dicabut

"Rata-rata yang kena ini tidak bermasker. Komunitas olahraga kita larang berkerumun, sebab hanya boleh olahraga mandiri saja," kata Kusmanto.

Tarsilah (41), salah satu peserta CFD mengaku tidak membawa masker karena beranggapan situasi Covid-19 di Jakarta telah aman. "Saya tidak tahu, kalau ternyata Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) itu masih ada di Jakarta. Kukira sudah aman," katanya.

Baca juga : Trump Dilawan Menhan

Warga Kecamatan Duren Sawit itu diberi sanksi menyapu jalan selama 10-15 menit dengan diawasi petugas. Selanjutnya, Tarsilah diarahkan oleh petugas untuk pulang ke rumahnya mengambil masker. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.