Dark/Light Mode

Muhadjir: Peran Ilmuwan Sosial di Masa Pandemi Sangat Strategis

Minggu, 27 September 2020 16:31 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy (Foto: Dok. Kemenko PMK)
Menko PMK Muhadjir Effendy (Foto: Dok. Kemenko PMK)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyebut, peran ilmuwan sosial di masa pandemi Covid-19 sangat strategis. Apalagi di masa pandemi ini berbagai aspek perilaku masyarakat banyak yang berubah.

Ketua Himpunan Indonesia untuk Perkembangan Ilmu-ilmu Sosial (HIPIIS) periode 2017-2019 ini menuturkan beberapa perubahan mendasar perilaku masyarakat yang terjadi. Seperti penggunaan masker sebagai hal yang wajib dan penyemprotan disinfektan di ruang-ruang publik untuk mengatasi virus yang tidak ada wujudnya.

Baca juga : Mau Perpanjang SIM di Jakarta? Datang Aja Ke 2 Tempat Ini

"Kajian ilmu sosial sangat bermanfaat untuk mempelajari bagaimana kondisi chaos, kondisi abnormal, dan kondisi yang tidak wajar ini dalam berbagai aspek kehidupan manusia," tuturnya, dalam Rapat Kerja Nasional HIPIIS 2020, yang dihadiri jajaran pengurus HIPIIS dan para ilmuwan sosial, di Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Sabtu (26/9).

Di masa pandemi juga terjadi perubahan besar pada aspek kehidupan masyarakat. Misalnya saja, perubahan pola belajar mengajar di sekolah atau universitas yang sebelumnya dilakukan secara tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh. Selain itu, pandemi juga merubah target-target pembangunan nasional, khususnya pada sektor pembangunan manusia yang saat ini lebih terfokus pada aspek penanganan virus Covid-19.

Baca juga : Mau Perpanjang SIM di Jakarta? Hari ini Cuma Sampai Jam 12 Siang

Padahal, ungkap Muhadjir, banyak juga aspek lain yang penting untuk diperhatikan seperti penanganan stunting, penanganan penyakit Tuberculosis (TB) dan Demam Berdarah (DBD) yang jumlah pengidapnya terus ada dan bertambah setiap tahun. Mengambil pelajaran dari pandemi, saat ini pemerintah mulai merubah strategi pembangunan kesehatan dari strategi kuratif (penyembuhan) menjadi strategi promotif (peningkatan kesehatan).

"Di masa pandemi ini, kita menyadari sehat itu benar-benar mahal. Strategi di balik itu, kita tengah berusaha untuk merubah dari strategi kuratif menjadi strategi promotif dalam kesehatan. Karena ongkos untuk mencegah lebih murah dari mengobati," katanya. 

Baca juga : Butuh Keluwesan Untuk Sosialisasikan Pancasila

Di Rakernas ini, Muhadjir menyerahkan tampuk Ketua HIPIIS kepada Aidul Fitriciada Azhari yang menjabat sebagai ketua untuk periode 2019-2021. Muhadjir mengatakan, HIPIIS dan ilmuwan sosial akan memiliki peran penting sebagai penentu dan perumus kebijakan nasional di masa kini dan masa yang akan datang. "Saya melihat HIPIIS masih punya masa depan. Kita berharap HIPIIS bisa menjadi media menjadi sarana untuk memberikan ruangan yang luas yang bermakna sebagai ilmuwan sosial untuk terlibat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara ini," pungkas Muhadjir. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.