Dark/Light Mode

130 Dokter Gugur

Patuhi Protokol Kesehatan, Masyarakat Jangan Bandel

Senin, 5 Oktober 2020 06:21 WIB
Ilustrasi: Jenazah Covid-19. (Foto Republika/Rahmad)
Ilustrasi: Jenazah Covid-19. (Foto Republika/Rahmad)

 Sebelumnya 
Sementara IDI Aceh mencatat ada sekitar 400 tenaga kesehatan di Aceh yang terpapar Corona. IDI mengaku khawatir terjadi klaster penularan Covid-19 di rumah sakit jika tidak diantisipasi.

Ketua IDI Aceh Safrizal Rahman mengatakan, bukan hanya angka positif Corona saja yang tinggi, namun juga dibarengi dengan angka kematian yang tinggi.

Baca juga : Olahraga Di Rumah Jadi Pilihan Tepat

Hingga saat ini, sudah ada 7 tenaga kesehatan terinfeksi Corona yang meninggal dunia di Aceh. “Terkonfirmasi positif corona sudah di angka 400 orang di seluruh Aceh, meninggal 7 orang. Dokter 5, perawat 1 dan petugas laboratorium 1. Jangan sampai rumah sakit bisa membuat klaster sendiri,” katanya.

Safrizal mengakui, di sejumlah rumah sakit di Aceh sempat ada yang nyaris mengalami collapse, karena tenaga medisnya banyak yang terpapar Corona. Seperti di Langsa.

Baca juga : Wagub Ariza Tinjau Hotel Isolasi Bagi Pasien Covid-19

Hanya saja, saat ini kondisinya sudah kembali pulih dan beberapa tenaga kesehatan di RSUD Langsa sudah kembali bekerja. Jika tenaga medis di rumah sakit banyak yang terpapar Corona, kata dia, maka dipastikan, pelayanan kesehatan akan terganggu.

Dia mencontohkan, salah satu rumah sakit di Kabupaten Pidie Jaya. Sudah banyak tenaga kesehatan di sana yang mulai terpapar Corona.

Baca juga : Kak Seto Minta Orang Tua Tak Bersikap Seperti Komandan

“Kalau tenaga medis terpapar terlalu banyak, pasti pelayanan terganggu, potensi collapse, seperti juga di Pidie Jaya, banyak tenaga kesehatan di sana yang mulai terpapar,” ujar Safrizal. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.