Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pemilihan Pustakawan Berprestasi 2020, Perpusnas Beri Apresiasi Pemberi Layanan Terbaik

Senin, 19 Oktober 2020 15:46 WIB
Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando (Foto: Istimewa)
Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perpustakaan Nasional (Perpusnas) kembali menggelar pemilihan pustakawan berprestasi terbaik tingkat nasional. Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando mengatakan, pemilihan ini merupakan bentuk apresiasi dari pemerintah terhadap pustakawan yang telah menunjukkan kinerja dan memberikan manfaat bagi pemustaka, khususnya di era pandemi ini.

"Mereka adalah para duta kita, yang telah memberikan layanan dan hadir untuk masyarakat. Di situasi pandemi Covid-19 menjadi ujian untuk membuktikan bahwa peran perpustakaan dan pustakawan tetap dapat terasa oleh masyarakat," ungkap Syarif Bando, pada pembukaan Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional yang diselenggarakan secara virtual di Jakarta, Senin (19/10).

Pustakawan di era milenial sudah selayaknya dapat berinovasi secara kreatif dalam menyajikan informasi dan memberikan layanan yang sesuai dengan kebiasaan masyarakat milenial. Seperti halnya yang telah dilakukan Perpusnas dengan menghadirkan CoronaPedia, yang merupakan kumpulan informasi mengenai Covid-19 yang dapat diakses melalui iPusnas. Selain itu, ada juga layanan referensi virtual melalui live chat "Tanya Pustakawan", yaitu pemustaka dapat meminta mencarikan informasi yang mereka butuhkan kepada pustakawan.

Baca juga : Pastikan Sarana Distribusi Energi Beroperasi Optimal, Direksi Pertamina Tinjau Lapangan

"Layanan referensi virtual ini mendapatkan respons yang sangat positif dari berbagai kalangan pemustaka. Bahkan dari informasi yang saya dapatkan, permintaan informasi melalui layanan referensi virtual ini lebih banyak dari era sebelum Covid-19," lanjutnya.

Syarif Bando berharap, pemilihan pustakawan berprestasi terbaik dapat menjadi stimulus bagi seluruh pustakawan yang ada di Indonesia untuk lebih giat berkarya dan berinovasi dalam meningkatkan layanan kepada masyarakat. Pustakawan dibutuhkan karena tidak semua orang memiliki profesi yang mampu menghimpun dan mendiseminasikan informasi yang siap dimanfaatkan siapa pun. 

"Melalui pemilihan pustakawan berprestasi ini menjadikan kita semangat bahwa mampu mengangkat harkat dan martabat pustakawan Indonesia. Pustakawan diharapkan mampu memenuhi harapan pemustaka dalam pemenuhan informasi," ujarnya.

Baca juga : PSS Sleman Vs Persik Kediri Jadi Partai Pembuka Lanjutan Liga 1 2020

President International Federation of Library Associations and Institutions (IFLA) Christine Mackenzie mengapresiasi respons pustakawan dalam masa pandemi. Presiden lembaga internasional untuk pengembangan perpustakaan dan layanan perpustakaan ini menilai, pustakawan bergerak cepat menyesuaikan layanan perpustakaan dengan kebutuhan pemustaka.

"Kita perlu menyesuaikan diri dengan hal itu, perpustakaan sebenarnya tidak tutup. Mereka masih menyediakan program dan layanan yang disesuaikan dengan situasi yang baru. Dan saya melihat peningkatan besar pengguna layanan online. Kemampuan menyesuaikan secara cepat sangat mengesankan," tuturnya. 

Hal senada diungkapkan oleh Manajer of the IFLA Regional Office for Asia and Oceania, Soh Lin Li. Menurutnya, saat ini perpustakaan dan pustakawan telah beradaptasi dan beroperasi dengan cara baru layanan perpustakaan. Pustakawan secara cepat dapat membuat strategi dan menemukan model baru melayani dalam program daring.

Baca juga : Hari Tani Nasional 2020, Bupati Purwakarta Apresiasi Program Terobosan Kementan

Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional berlangsung pada 18-24 Oktober 2020 dan diikuti sebanyak 32 pustakawan yang mewakili provinsi masing-masing. Peserta merupakan pustakawan terbaik yang sudah lolos seleksi di tingkat provinsi.

Berbeda dari tahun sebelumnya, proses penilaian pustakawan berprestasi terbaik tahun ini dilakukan secara virtual. Seluruh peserta akan mengikuti seluruh tahapan penilaian mulai dari tes kognitif, hingga presentasi, dan wawancara. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.