Dark/Light Mode

Cerita Eks Pengidap Covid, Kena Di Pesawat Hingga Menularkan Keluarga Saat Lebaran

Sabtu, 24 Oktober 2020 20:42 WIB
Cerita Eks Pengidap Covid, Kena Di Pesawat Hingga Menularkan Keluarga Saat Lebaran

 Sebelumnya 
Selama sakit, Tung rajin minum air putih. Dari sinilah,  ada efek luar biasa. Salah satunya, pengambilan analisa gas darah (AGD) yang sebelumnya dua kali gagal, menjadi lebih mudah. "Saya menyarankan, pasien Covid-19 diwajibkan minum air putih selama perawatan," ujarnya.

Penyintas Covid-19 lainnya, Susi Satiwi Rudiati mengaku sama sekali tidak mengalami gejala. Dia hanya sakit kepala luar biasa yang tak pernah dirasakan sebelumnya. Susi termasuk pasien dengan komorbid. Dia hidup dengan satu ginjal selama 23 tahun. Susi, suaminya, tiga anaknya, dan tujuh orang kerabatnya terinfeksi Covid-19 setelah kumpul keluarga saat Hari Raya Idul Fitri yang lalu.

Baca juga : Besok, Penyidik Polri Panggil Ulang Pentolan KAMI Ahmad Yani

Dia pun sempat dirawat di sebuah rumah sakit di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, selama beberapa hari. Saat kena Covid-19 dan dirawat di rumah sakit, dia mengalami tensi tinggi hingga 156. Padahal biasanya, hanya 120. Ia pun hanya bisa teriak-teriak di dalam kamar, tak bisa tidur.

"Saya berpikir, ini hari terakhir dalam hidup saya. Tapi, saya mendapatkan mukjizat setelah berbagi rezeki dengan seorang petugas cleaning service. Esok harinya, dijawab oleh Tuhan. Badan saya terasa segar. Tak lama kemudian saya dinyatakan sembuh dari Covid-19," cerita Susi.

Baca juga : Di Hadapan MPW Pemuda Pancasila Kaltim, Bamsoet Ajak Sebarkan Semangat Kebangsaan

Untuk menghindari Covid-19, setiap anggota masyarakat harus disiplin menjalankan protokol kesehatan 3M: memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.