Dark/Light Mode

Salip Prabowo Dan Anies

Ganjar Hati-hati Dihajar

Senin, 26 Oktober 2020 06:53 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Foto: Istimewa)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya mengamini, elektabilitas Ganjar terus naik. Dia mencatat, empat poin penting yang terus mengerek elektabilitas Ganjar. Pertama, momentum Covid-19. “Ganjar adalah kepala daerah yang paling besar memaksimalkan momentum ini,” katanya, tadi malam.

Kedua, ditopang pemilih Jokowi periode 2014-2019 yang tengah mencari sosok penerus. Suka atau tidak, Ganjar dianggap menyerupai Jokowi. Sebut saja, jiwa nasionalis dari sisi kepartaian, atau kepala daerah yang punya prestasi. Tak kaget, jika pemilih PDIP, menyukai Ganjar. Termasuk partai-partai nasional seperti NasDem.

Baca juga : Aturan Ganjil Genap Masih Ditiadakan

Ketiga, ideologi. Menurut Yunarto, sejak awal itu tegas, dan tidak genit dalam menentukan posisi ideologis. Berbeda dengan nama-nama lain yang beredar dalam bursa capres 2024, yang bermain aman ketika berbicara ideologis.

Keempat, personal branding. Yunarto menilai, Ganjar punya faktor pembeda. Misalnya, gayanya yang energic, berani turun, komunikatif, dan puncaknya saat menghadapi pendemo anti Undang-Undang Cipta Kerja beberapa hari lalu di daerahnya. "Sosok yang pernah jadi aktivis, DPR juga pernah dia rasakan, dan terakhir, kepala daerah di daerah besar. Modal dasar Ganjar paling komplet," ungkap Yunarto.

Baca juga : Libur Panjang, Lebih Baik Di Rumah Saja

Namun, Ganjar kini harus hati-hati. Sebab, biasanya, orang yang sedang di atas sering dikerjai, bahkan dihajar. Bisa oleh sesama politisi, bisa juga oleh warganet. “Itulah konsekuensi. Apalagi di sosmed. Bahkan kampanye negatif, sudah jadi risiko," pesan Yunarto.

Bagusnya, Ganjar merupakan kepala daerah yang aktif bersosmed tanpa admin. Yunarto menilai, hal tersebut jadi poin positif. Bukan cuma tidak kaget dengan gaya masyarakat dunia maya, Ganjar juga bisa mengkapitalisasi serangan netizen untuk melengkapi personal branding-nya.

Baca juga : Prabowo Dan Esper Sepakat Lanjutkan Pencarian Jenazah Tentara AS

Yunarto kemudian memberi saran agar elektabilitas Ganjar tetap terjaga. Pertama, fokus mempertahankan kinerja di Jawa Tengah. Kedua, berani mengambil sikap di level nasional, baik dalam isu aktual maupun ideologis. Ketiga, harus bisa mengambil hati rakyat dan elite PDIP. "Jadi tugasnya dua: masyarakat dan hati Megawati. Rekomendasi Jokowi juga penting," pungkasnya. [UMM/MEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.