Dark/Light Mode

Hari Ini Umroh Dibuka, Menhub Doakan Jemaah Asal Indonesia Mabrur

Minggu, 1 November 2020 14:03 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (Foto: Istimewa)
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyambut baik telah dibukanya kembali penerbangan umroh dari Indonesia oleh Pemerintah Arab Saudi mulai hari ini, Minggu (1/11). Menhub mendoakan para jemaah umroh dapat menjalankan ibadah dengan mabrur dan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Kami turut senang dengan dibukanya kembali penerbangan umroh dari Indonesia. Kami meminta para jemaah tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan saat menggunakan pesawat maupun saat beribadah. Semoga ibadahnya mabrur dan tetap sehat,” ucap Budi Karya, di Jakarta, Minggu (1/11).

Baca juga : Usai Dikalahkan UEA, Timnas Indonesia U-16 Jalani Latihan Pemulihan

Pemerintah Arab Saudi telah memberlakukan pemberian alokasi visa umroh dalam sistem e-umroh. Berdasarkan informasi dari Atase Perhubungan Indonesia di Jeddah, untuk sementara yang diizinkan membawa umroh adalah maskapai asal Arab Saudi yaitu Saudi Airlines, yang berlaku untuk semua negara asal jemaah yang disinggahi maskapai tersebut seperti di Timur Tengah, Eropa, Amerika Serikat, Asia, dan Afrika. 

Langkah ini sebagai uji coba Pemerintah Saudi untuk mempermudah kontrol pemberlakuan protokol kesehatan. Uji coba dilakukan selama November-Desember.

Baca juga : Ini Profil Darmawan Junaidi, Calon Bos Baru Bank Mandiri

Kementerian Perhubungan telah berkoordinasi dengan Kementerian Agama dan Otoritas Penerbangan Arab Saudi agar maskapai penerbangan nasional dapat juga mengangkut penerbangan umroh, dan dapat disertakan ke dalam sistem e-umroh. Sebagai informasi, keberangkatan perdana jamaah umroh dari Indonesia sudah dimulai pada Minggu (1/11) pukul 10.45 WIB. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.