Dark/Light Mode

Protokol Kesehatan Ketat

Wisatawan Tak Perlu Khawatir Kunjungi Candi Borobudur

Senin, 2 November 2020 08:55 WIB
Protokol Kesehatan Ketat Wisatawan Tak Perlu Khawatir Kunjungi Candi Borobudur

Wisatawan tidak perlu khawatir berkunjung ke Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, karena tempat wisata yang masuk dalam 10 Keajaiban Dunia itu telah menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

RM.id  Rakyat Merdeka - Hal ini ditegaskan Sekretaris PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (TWC-Persero) Emilia Eny Utari.

Baca juga : BKS Jempolin Petugas Pelabuhan Tanjung Priok

"Kami klarifikasi dan tegaskan, beberapa orang yang positif COVID-19 kemarin bukan wisatawan yang sudah masuk di kawasan Taman Wisata Candi. Mereka baru akan ke Candi Borobudur, dan sudah tersampling oleh petugas," kata Emilia di Magelang, seperti dilansir Antara, Senin (2/11).

TWC mendukung upaya preventif yang dilakukan Satgas Penanganan COVID-19 di wilayah Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Hal itu dilakukan dengan melakukan tes cepat secara acak bagi para wisatawan, yang akan berkunjung ke Taman Wisata Candi Borobudur, sehingga dapat melakukan pencegahan lebih awal.

Baca juga : Tjahjo: Objek Wisata Zona Merah Jangan Dikunjungi

"Ini penting untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan dalam melakukan kunjungan wisata," kata Emilia yang juga Ketua Satgas Bencana TWC ini.

Selama libur panjang pada 28 Oktober hingga 1 November 2020, petugas dari Dinas Kesehatan Jawa Tengah menerapkan tes cepat secara acak kepada pengunjung yang akan berwisata ke Candi Borobudur.

Baca juga : Perda Corona Tak Ampuh Kerek Kedisiplinan Warga

"Perlu kami garis bawahi, tes yang dilakukan secara acak tersebut mengambil sampel darah 455 orang wisatawan yang akan berkunjung. Bukan wisatawan yang telah masuk dalam kawasan taman wisata candi. Pelaksanaan tes berlangsung di Tourist Information Center (TIC) Borobudur, yang lokasinya sekitar 1 kilometer dari Kawasan Taman Wisata Candi Borobudur," jelas Emilia.

"Kami sepakat, keamanan pengunjung merupakan hal yang utama. Kami juga mengimbau wisatawan untuk menjaga kesehatan, serta melaksanakan protokol kesehatan dengan baik. Jika kondisi sedang tidak sehat, sebaiknya tidak melakukan perjalanan wisata," pungkasnya. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.