Dark/Light Mode

Partai Gelora: Siapapun Yang Jadi Presiden AS, Nggak Ngefek Ke Indonesia

Kamis, 5 November 2020 15:03 WIB
Henwira Halim
Henwira Halim

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemilihan Presiden Amerika Serikat (AS) secara politik dan ekonomi tidak berdampak secara signifikan terhadap Indonesia. Baik yang terpilih Donald Trump untuk kedua kalinya, maupun Joe Biden sebagai Presiden AS.

Hal ini disampaikan Ketua Bidang Hubungan Internasional Dewan Pempinan Nasional (DPN) Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia, Henwira Halim. "Dampak dan skenario terhadap politik dan ekonomi Indonesia secara langsung tampaknya tidak akan banyak perbedaan soal politik dan ekonomi AS dan RI dibanding saat ini," kata Henwira, dalam keteranganya, Kamis (5/11/2020).

Baca juga : Ibas Yakin IKM Dapat Jadi Penggerak Kestabilan Ekonomi Negara

Menurut dia, yang terlihat pengaruhnya adalah mengenai hubungan perang dagang antara AS-China, yang kemungkinan besar akan diakhiri, bila Biden yang terpilih. Namun bila Trump yang terpilih, perang dagang AS-China akan berlanjut, bisa jadi akan semakin tajam.

"Namun yang mungkin akan tampak pengaruhnya adalah jika Biden mengakhiri perang dagang AS-RRC sesuai janji kampanyenya," ujar Henwira.

Baca juga : Dubes Lutfi Mau Boyong Investor AS Ke Indonesia

Dari sisi pertahanan, lanjutnya, kebijakan Trump yang didukung Partai Republik maupun Biden yang didukung Partai Demokrat soal China tidak akan berubah. Yakni soal kebijakan pertahanan dan kekuatan militernya. Sebab dari sisi pertahanan, China merupakan ancaman serius buat AS, sehingga Trump dan Biden akan mengimbangi kekuatan militer China.

"Sedangkan dari sisi pertahanan, baik Biden maupun Trump tidak akan banyak mengubah kebijakan dan langkah-langkah yang telah diambil saat ini. Demi mengimbangi meningkatnya kekuatan militer RRC," katanya. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.