Dewan Pers

Dark/Light Mode

Ditanya Jika Jadi Presiden

Ahok Mau, Tapi Tahu Diri

Rabu, 21 Oktober 2020 05:52 WIB
Komisaris Utama Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama (Foto: Instagram)
Komisaris Utama Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Para ahli hukum tata negara memastikan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok tak bisa jadi pejabat negara. Tak bisa jadi menteri. Tak bisa jadi wapres, apalagi jadi presiden.

Penyebabnya, Ahok sudah menyandang status narapidana kasus penistaan agama dengan dakwaan 5 tahun penjara. Ahok sudah ngerti aturan itu. Dia juga betul-betul tahu diri dengan posisinya itu.

Tapi, saat ditanya apa yang akan dilakukannya kalau jadi presiden, Komisaris Utama Pertamina ini langsung membeberkan semua rencananya. Dengan rinci dan jelas. Seperti seorang capres yang ditanya visi misinya.

Berita Terkait : Nama Presiden Joko Widodo Diabadikan Jadi Nama Jalan Di Abu Dhabi

Hal itu terungkap saat menjadi narasumber acara bincang-bincang seniman Butet Kertaradjasa. Untuk sesi wawancara ini, Butet yang tinggal di Yogyakarta sengaja menyambangi rumah Ahok di bilangan Jakarta Timur.

Video wawancara tersebut kemudian diunggah ke YouTube Butet, 11 Oktober lalu dengan judul yang bombastis, “Kalau Ahok jadi Presiden, Apa yang Dilakukan?” Namun, video ini baru viralnya, kemarin.

Dalam video berdurasi 13 menit itu, Butet sebenarnya lebih banyak bertanya kiprah Ahok di Pertamina. Sekali, ia juga menyinggung pengalaman Ahok di penjara sebagai napi penista agama.

Berita Terkait : MUI Tak Kapok Dicampakkan

Nah, menurut Butet, Ahok itu manusia yang sudah punya pengalaman panjang. Baik sebagai bupati, anggota DPR, gubernur dan petapa di Mako Brimob.

“Andaikan Pak Ahok ini punya kesempatan menjadi RI 1, kira-kira apa yang paling signifikan diperbaiki atau direvolusi?” tanya Butet.

Ditanya begitu, Ahok yang mengenakan masker tersenyum. Tak terlihat giginya karena tertutup masker. “Waduh,” katanya, mengawali jawaban atas pertanyaan menohok itu.

Berita Terkait : Ribuan Jurnalis Siap Jadi Agen Perubahan Perilaku

Lalu, Ahok membeberkan semua rencananya jika jadi presiden. Pertama, Ahok ingin melakukan pemutihan dosa-dosa lama. Termasuk para koruptor dan pengemplang pajak.

“Jangan sampai dari rezim ke rezim terus berantem,” katanya.
 Selanjutnya