Dark/Light Mode

Viral Wanita Terpapar Saat Kongkow Tak Pake Masker

Tuh Kan, Giliran Kena Covid Nyesel Setengah Mati Deh

Jumat, 6 November 2020 06:01 WIB
Viral Wanita Terpapar Saat Kongkow Tak Pake Masker Tuh Kan, Giliran Kena Covid Nyesel Setengah Mati Deh

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah sudah sering mengingatkan masyarakat agar taat protokol kesehatan Covid-19 saat beraktivitas di luar rumah. Mencegah lebih baik daripada mengobati.

Seorang wanita mengaku tertular Virus Corona usai kumpul bareng teman-temannya tanpa menggunakan masker viral di media sosial (medsos). Sebanyak 1 juta pengguna TikTok telah menonton cerita yang diunggah pada Kamis (4/11) itu.

Cerita pertama kali diunggah akun TikTok @w******r***. Dia bercerita, kala itu kumpulkumpul dengan 10 temannya. Di antara mereka, termasuk dirinya, tidak mengenakan masker.

Bahkan, dia sempat mencoba minuman yang dipesan temannya. Dia juga menggunakan sedotan yang sama untuk meminum minuman pesanan temannya itu. Setelah pertemuan itu, dia mulai merasakan gejala Covid-19.

Baca juga : Tuh Kan, Pak Mahfud Ngeri Kalau Begini Nih

Di antaranya, sakit tenggorokan, tepatnya pada 13 Oktober. “Tanggal 16 Oktober saya dan teman - teman mengalami anosmia,” ujar si wanita tersebut.

Anosmia adalah hilangnya kemampuan seseorang untuk mencium bau. Gejala ini merupakan gejala lain dari Covid-19. Kemudian ada seorang teman yang inisiatif untuk swab test.

Dan benar saja, hasil tes menunjukkan positif Covid-19. Tahu kabar tersebut, si wanita itu langsung melakukan isolasi mandiri dan swab test. Hasil tesnya, dia dinyatakan positif Covid-19.

Si wanita itu dan teman-temannya akhirnya mengaku salah, tidak menggunakan masker saat kumpul-kumpul. Dia bilang, apa yang dialaminya harus menjadi pelajaran bagi yang masih kumpul-kumpul tanpa masker.

Baca juga : Warganya Banyak Yang Nolak Pake Masker, Kasus Covid Di Amerika Tembus 5 Juta

“Yang pakai masker, dia aman. Nggak ada gejala. Pokoknya amanlah,” ujar si wanita itu merespons pertanyaan netizen di videonya.

Netizen ramai-ramai memarahi warga yang tertular Corona karena masih abai dengan protokol kesehatan. “Udah kena baru nyesel kan. Bodoh kan namanya,” ketus Rusdi Hendri.

“Tipikal orang kita, kalau belum kena kagak bakal percaya,” saut Bebek Lucky. “Makan tuh Covid-19. Salah sendiri kan ngeremehin. Giliran kena bilang kapok,” tambah Lones. Menurut

Gatot Jaka Timur Hadi, bukan hanya masker saja yang jadi kunci penyebaran Covid-19. Tapi, juga karena minum dari sedotan yang sama.

Baca juga : Nggak Usah Bantah-bantahan, Atasi Covid-19 Dengan Baik

Kata dia, jangankan Covid-19, sebelum pandemi saja mestinya tahu bahwa penyakit dari mulut, tenggorokan dan hidung bisa menular dengan (alat) meminum dari tempat yang sama.

“Seperti batuk, flu, pilek bisa menyebar dengan cara begitu. Jadi harus hati-hati,” kata Gatot mengingatkan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.