Dark/Light Mode

Approaching China Tingkatkan Kesadaran Milenial Pentingnya Bahasa Mandarin

Sabtu, 7 November 2020 21:28 WIB
Approaching China 2020 (Foto: Istimewa)
Approaching China 2020 (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Seiring semakin eratnya hubungan kerja sama Indonesia-China, kebutuhan sumber daya manusia yang menguasai bahasa China juga semakin meningkat. Kesadaran masyarakat akan pentingnya bahasa Mandarin juga semakin tinggi. 

Atas dasar itu, Program Studi Bahasa dan Budaya China Universitas Bunda Mulia bekerja sama dengan aplikasi belajar bahasa Mandarin online ChineseRd mengadakan Approaching China selama November 2020. Ketua Program Studi Bahasa dan Budaya China Universitas Bunda Mulia Symphony Akelba Christian mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian talkshow, webinar, dan lomba bahasa Mandarin yang dirancang sedemikian rupa agar dapat meningkatkan kesadaran generasi muda akan pentingnya bahasa Mandarin dan sektor-sektor industri serta bidang-bidang pekerjaan yang memerlukan penguasaan bahasa Mandarin.  

Baca juga : Dana Otsus Tingkatkan Pendidikan Di Papua

“Lomba bahasa Mandarin yang berbasis video yaitu Mandarin Tongue Twister Challenge dan Creative Mandarin Video Challenge sengaja dirancang untuk memfasilitasi generasi muda untuk dapat menunjukkan kebolehannya dalam berkreasi dan dalam berbahasa Mandarin, serta dapat memotivasi generasi muda untuk dapat mengembangkan diri khususnya dalam hal penguasaan bahasa,” kata penanggung jawab kegiatan Approaching China ini, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (7/11).

Caecillia Sardjono, selaku Indonesia Regional Development Director of ChineseRd, menyatakan bahwa ChineseRd dan Universitas Bunda Mulia memiliki tujuan sama, yaitu mengedukasi kalangan muda akan pentingnya belajar bahasa Mandarin dalam era globalisasi. “Oleh karena itu, kami sangat senang dapat bekerja sama dengan Program Studi Bahasa dan Budaya China Universitas Bunda Mulia dalam mewujudkan acara ini,” ujarnya.

Baca juga : Perpusnas Dorong Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Layanan Berbasis Inklusi

Hari ini merupakan pembukaan Approaching China. Kegiatan pertama yaitu Talkshow “Study Chinese and Make Your Dream Come True”. Pembicara talkshow merupakan alumni Program Studi Bahasa dan Budaya China Universitas Bunda Mulia yang sukses di pekerjaan maupun membangun usaha sendiri.  Yaitu Desy Yanti (CEO PT Indo Prima), Ceacillia Sardjono (Indonesia Regional Development Director of ChineseRd), dan Inderawati (Regional General Manager Y.O.U Makeups Semarang). 

Inderawati menekankan pentingnya pendidikan tingkat universitas, khususnya penguasaan bahasa Mandarin, sebagai bekal dan “amunisi” untuk memasuki dunia kerja. Caecillia Sardjono menambahkan pada saat bekerja pun harus terus berusaha untuk belajar dan meningkatkan kemampuan diri di berbagai bidang. Sedangkan Desy Yanti membuka wawasan peserta bahwa bidang pekerjaan yang memerlukan penguasaan bahasa Mandarin sangat luas sekali, bahkan di bidang kepolisian dan hukum pun sangat dibutuhkan sumber daya manusia yang menguasai bahasa Mandarin.

Baca juga : PGN Group Raih Penghargaan Keselamatan Migas 2020

Peserta Talkshow “Study Chinese and Make Your Dream Come True” yang dilaksanakan melalui Zoom ini berjumlah 350 orang dari berbagai sekolah dan universitas di Indonesia. Di antaranya dari Jabodetabek, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Semarang, Medan, Pangkal Pinang, Lampung, Pontianak, Singkawang, Makassar. Bahkan juga ada peserta yang berasal dari luar negeri seperti Malaysia, Vietnam, China, dan Taiwan. Para peserta banyak mengajukan pertanyaan terkait materi yang dibawakan para narasumber. Dari pertanyaan yang diajukan para peserta menunjukkan antusiasme dan keinginan generasi muda Indonesia untuk belajar bahasa Mandarin guna meningkatkan kompetensi diri agar dapat bersaing di dunia global. Sebagai bentuk apresiasi atas antusiasme peserta, para penanya terbaik mendapatkan voucher belanja Y.O.U Makeups dan voucher belanja Alfamart.

Kegiatan Approaching China masih akan berlangsung sampai dengan akhir November. Di antaranya adalah kegiatan Talkshow “Master Chinese and Travel Around the World” pada 13 November, kegiatan Talkshow “How to Survive in Chinese Company” pada 21 November, kegiatan Webinar “Movie & Culture: Watching, Learning & Preserving” pada 24 November, dan Webinar “China E-Commerce” pada 30 November. Diharapkan peserta kegiatan akan semakin bertambah sehingga lebih banyak lagi generasi muda yang mendapatkan manfaat melalui kegiatan ini. [KW]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.