Dark/Light Mode

Usai Sidang Di Pengadilan

Ini Tips Dari Praktisi Hukum Hadapi Covid-19

Rabu, 11 November 2020 16:29 WIB
Ilustrasi suasana di persidangan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. (Istimewa)
Ilustrasi suasana di persidangan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. (Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Di tengah pandemi Covid-19 yang belum juga berakhir, Managing Partner dari Frans & Setiawan Law Office, Hendra Setiawan Boen tetap aktif menjalankan aktivitas persidangan. 

Dalam setiap kegiatannya, kini Hendra menerapkan kebiasaan baru dengan selalu menjaga kebersihan selama menjalankan aktivitas di luar rumah.

“Prinsip saya adalah kita tidak bisa memaksa orang untuk sadar menjalankan protokol kesehatan, tapi kita bisa menjaga diri sendiri. Jadi terpulang ke setiap individu saja,” ujar Hendra dalam keterangannya, Rabu (11/11/2020).

Hendra mengatakan, saat ini selalu membawa hand sanitizer dan menggunakan masker, dan menjaga jarak. Biasanya dia akan menggunakan masker medis yang dilapis dengan masker kain dan face shield, namun apabila harus melakukan kegiatan di daerah ramai maka dia akan menggunakan masker jenis full-face respirator.

Baca juga : PMI Pastikan Donor Darah Tak Tularkan Covid-19

Hal ini karena dari pengalaman memakai masker biasa terkadang masih dapat tercium bau asap rokok atau asap kendaraan.

“Saya mengambil logika sederhana saja, partikel asap tentu lebih besar daripada partikel virus sehingga apabila asap masih bisa tercium maka bagaimana dengan virus dengan ukuran yang jauh lebih kecil?” tutur Hendra.

Pilihan lain adalah menggunakan masker wearable dengan teknologi air purifier. Masker jenis ini biasanya memakai filter H13 HEPA yang mencegah masuknya bakteri, virus atau partikel jahat lain.

Selain itu masker elektrik tersebut juga dilengkapi dengan kipas sehingga pengguna dapat bernapas dengan normal tanpa merasa sesak.

Baca juga : Usai Liburan Panjang, 408 Wisatawan Di Jabar Reaktif Covid-19

Menurut Hendra, segera mandi dan membersihkan mobil dan barang-barang yang dibawa dari luar menggunakan disinfektan juga sudah menjadi kebiasaan keluarga di rumah. 

"Hal ini dilakukan untuk mengurangi penyebaran Covid-19 dan melindungi anggota keluarga,” katanya lagi.

Begitu juga setiap orang yang mau masuk rumahnya harus disemprot dengan alkohol termasuk apabila ada tukang air mineral galon atau tukang untuk melakukan reparasi rumah.

Selanjutnya setelah mereka selesai, maka semua wilayah yang dilewati harus juga disemprot disinfektan.

Baca juga : Peringatan Hari Pahlawan Ikuti Protokol Covid

Selain terus menjalankan protokol kesehatan dengan sangat ketat, Hendra menjelaskan bahwa kecuali untuk urusan pekerjaan dirinya dan keluarga sudah jarang pergi ke tempat keramaian atau kerumunan dengan orang banyak.

Kalaupun terpaksa harus keluar rumah seperti ke pasar maka protokol kesehatan yang sangat ketat akan dijalankan.

Hendra menjelaskan untuk menjaga kesehatan diri para lawyer dan staf yang bekerja di Frans & Setiawan Law Office, dari bulan Maret 2020 manajemen sepakat menerapkan sistem bekerja dari rumah secara penuh waktu (working from home / WFH). [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.