Dark/Light Mode

Indonesia Terbuka Dengan Kandidat Vaksin Covid Yang Cocok Dan Efektif

Kamis, 12 November 2020 19:38 WIB
Juru Bicara Satgas Covid-19, Prof. Wiku Adisasmito (Foto: Istimewa)
Juru Bicara Satgas Covid-19, Prof. Wiku Adisasmito (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Awal pekan ini, Pfizer menyatakan, vaksin Covid-19 yang sedang dikembangkan mencapai efektivitas hingga 90 persen. Klaim tersebut berdasarkan analisis sementara, atas penelitian yang melibatkan 43.538 sukarelawan.

Baca juga : Bantu Indonesia Perangi Covid-19, Australia Sawer Rp 15 T

Badan Administrasi Makanan dan Obat-obatan AS (FDA) menetapkan batas efektivitas minimum vaksin di angka 50 persen. Pfizer pun menjadi kandidat vaksin Covid-19 pertama dengan hasil melampaui batas efektivitas tersebut.

Baca juga : KFC Indonesia Dukung Brand Lokal

Namun, vaksin ini memiliki tantangan bagi negara-negara yang ingin mendistribusikannya. Sebab, menurut penjelasan Badan Kesehatan Dunia (WHO), vaksin yang menggunakan mRNA sintesis untuk mengaktifkan sistem imun melawan virus, harus disimpan pada suhu minus 70 derajat Celsius (-94 F) atau lebih rendah. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.