Dark/Light Mode

Milad Ke-108, Muhammadiyah Usung Tema Teguhkan Gerakan Hadapi Pandemi Dan Masalah Negeri

Senin, 16 November 2020 13:39 WIB
Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof Haedar Nashir (Foto: Istimewa)
Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof Haedar Nashir (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dua hari lagi, 18 November 2020, Muhammadiyah akan berusia 108 tahun. Dalam memperingati milad atau hari ulang tahun ke-108 ini, Muhammadiyah mengusung tema “Meneguhkan Gerakan Keagamaan Hadapi Pandemi dan Masalah Negeri”.

Menurut Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof Haedar Nashir, tema itu diangkat untuk mempertegas gerak, sikap, dan kebijakan Muhammadiyah dalam menghadapi keragaman paham, pandangan, dan orientasi keagamaan yang tumbuh dan berkembang. Pada saat yang sama, Muhammadiyah juga senantiasa memberi solusi terhadap masalah negeri, termasuk di era pandemi ini.

Baca juga : HUT Ke-63, Uhamka Berikan Penghargaan Ke Dosen dan Karyawan

“Dengan kata lain, di masa pandemi yang sarat beban ini, Muhammadiyah bertekad akan terus memancarkan semangat untuk terus berbuat. Semenjak masa awal wabah Covid-19 melanda negeri ini, Muhammadiyah telah berbuat yang terbaik dan maksimal. Baik dalam aspek ibadah dan keagamaan maupun masalah sosial dan kesehatan bahkan yang menyangkut aspek ekonomi,” kata Haedar, dalam keterangan yang diterima redaksi, Senin (16/11).

Linear dengan itu, lanjutnya, Muhammadiyah juga sadar bahwa masalah-masalah negeri, masalah-masalah kebangsaan, baik politik, ekonomi, maupun budaya dan keagamaan, yang dihadapi juga sangat kompleks. Sehingga tidak mungkin bisa diselesaikan satu pihak. Untuk itu, lewat tema milad ini Muhammadiyah mengingatkan sekaligus mengajak seluruh kekuatan bangsa, termasuk pemerintah, lembaga-lembaga politik dan kenegaraan, untuk menyelesaikan masalah-masalah bangsa yang kompleks ini dengan seluruh kekuatan yang dimiliki dengan kebersamaan dengan persatuan dan semangat mencari solusi. 

Baca juga : ESDM: Nilai Tambah Tembaga Wajib Berikan Manfaat Bagi Negara

“Di usia 108 tahun ini, Muhammadiyah tentu akan semakin ditantang berbagai masalah yang besar. Tetapi kami yakin, dengan pandangan keagamaannya yang kokoh, dengan sistemnya yang kuat, dengan sumber daya manusianya yang mumpuni, dan kerja sama dengan seluruh pihak, insya Allah Muhammadiyah akan mampu dan memberi kontribusi bagaimana menghadapi pandemi dan menyelesaikan masalah negeri dengan spirit dakwah dan tajdid,” jelas Haedar. 

Haedar menambahkan, gerakan Islam Muhammadiyah akan selalu hadir menjadi gerakan yang bertumpu di atas semangat menjadi syuhada’a alannas (berjuang di atas kemunusiaan), menjadi saksi sejarah yang membawa kemajuan bagi umat, bangsa dan kemanusiaan semesta yang rahmatan lil- ‘alamin

Baca juga : Muhammadiyah Ajak Umat Bijaksana Tanggapi Persoalan UU Ciptaker

Resepsi Milad Muhammadiyah ke-108 akan digelar secara virtual di tiga titik, yakni Kantor PP Muhammadiyah (Yogyakarta), Masjid At-Tanwir (Gedung Dakwah Muhammadiyah Menteng, Jakarta Pusat), dan Gedung Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), yang merupakan lokasi Muktamar Muhammadiyah yang akan datang. Selain itu, acara ini juga akan menampilkan paduan suara dari 8 Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) secara online dengan dipandu Indah Nevertari, juara ajang pencarian bakat X-Factor, menampilkan puisi oleh Taufiq Ismail. Muhammadiyah juga akan memberikan apresiasi kepada para pejuang Covid-19. 

“Mari kita semarakkan dan kita syiarkan Milad Muhammadiyah ke-108 dengan segala ikhtiar yang bisa kita lakukan bersama-sama. Di era pandemi, kita tidak boleh kehilangan semangat dan kehilangan peluang untuk terus beraktivitas menggerakan Persyarikatan Muhammadiyah. Sehingga gerakan ini selalu memberi solusi untuk negeri memberi kontribusi menyelesaikan masalah negeri dan akhirnya membawa umat dan bangsa semakin berkemajuan,” tutup Haedar. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.