Dark/Light Mode

Menteri Edhy Keciduk KPK, Netizen Nyariin Susi

Rabu, 25 November 2020 21:49 WIB
Salah satu meme netizen di media sosial Twitter yang diretweet akun mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti @susipudjiastuti, Rabu (25/11).
Salah satu meme netizen di media sosial Twitter yang diretweet akun mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti @susipudjiastuti, Rabu (25/11).

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait kasus ekspor benih lobster. Susi Pudjiastuti, Menteri KKP sebelum Edhy, kebagian wanginya. Dia jadi trending topic di media sosial Twitter seharian. Susi dicariin netizen.

Sejumlah kata kunci seperti Bu Susi dan Susi Pudjiastuti menghiasi lini masa. Foto-foto Susi Pudjiastuti pun bertebaran. Yang paling fenomenal dan khas, foto Susi di atas kano di tengah lautan sambil ngopi dengan cangkir putihnya.

Selain itu, banyak meme Susi dengan jargon khasnya, tenggelamkan. Meme yang paling banyak, nampak Susi tengah mengenakan kaca mata hitam dengan latar belakang kapal yang tengah dimusnahkan. "Itu Menteri KKP penerus Bu Susi yang melakukan korupsi mending ditenggelamkan saja," begitu kicauan ratusan warganet.

Baca juga : Satu Rombongan Dengan Menteri Edhy, Tapi Nggak Ditangkap KPK, Ini Penjelasan Ngabalin

Ada juga yang meminta Susi balik lagi jadi Menteri KKP. "Menteri KKP Edi Prabowo ditangkap KPK. Bu Susi : Kuy lah Sebat sama Ngopi dulu, setalah itu kita tenggelamkan. This time Bu Susi for come back. Kuatkan Ombak Nusantara," cuit @Rizlh.

Menanggapi berbagai netizen yang mencoleknya, Susi mulanya tak terpancing. Namun, akhirnya, Susi berkicau juga. "Harga tak Menentu, Bisnis Ilegal Benur Lobster di Pesisir Barat Lampung Rugikan Nelayan," bagitu cuitan Susi menyertakan link berita terkait. Ini kicauan pertama kali yang bersinggungan dengan kasus yang menimpa penggantinya itu.

Di kolom komentar, netizen @desrinda kembali menggoda Susi. "Bu, Pak @jokowi kayaknya butuh Ibu lagi, kursi Menteri KKP kosong tuh," candanya. Susi tak membalasnya.

Baca juga : Menteri Edhy Diciduk KPK, Mahfud MD: Pemerintah Tak Akan Intervensi

Selanjutnya, Susi menautkan berbagai artikel terkait benih lobster. Berikutnya, Susi meretweet cuitan komentar warganet @trionos9. Cuitan tersebut berisi gambar Susi tengah naik mobil dengan tulisan "tolong bilang, saya sedang sibuk, tak bisa diganggu."

Namun, tak lama, Susi memberi pengumuman dia akan hadir dalam acara #SusiCekOmbak spesial interviewnya bersama Don Bosco Selamun (Presiden Direktur Metro TV). "Hari ini hadir lebih awal, jam 19.05 WIB, jangan ketinggalan ya. Pertama kalinya Susi Cek Ombak ditayangkan LIVE, jangan ketinggalan ya. Tidak nonton saya tenggelamkan ya!" begitu bunyi berbagai cuitannya.

Akan tetapi, Susi pun sempat kembali mengunggah dua tautan berita tentang kasus ini. Misalnya berita berjudul Punya Bisnis Lobster, Fadli Zon Sebut Fahri Hamzah Calon Konglomerat, dan tautan berita berjudul Polemik Lobster, Effendi Gazali Tantang Susi Diskusi Terbuka. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.