Dark/Light Mode

Pemangkasan Libur Panjang Masih Dikaji

Hunian RS Pasien Covid Naik, Masyarakat Harap Waspada!

Senin, 30 November 2020 06:40 WIB
Ilustrasi pasien corona. (ist)
Ilustrasi pasien corona. (ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemangkasan cuti bersama akhir tahun 2020 masih dikaji. Apapun putusannya, kita harus tetap waspada terhadap virus Corona.

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mengingatkan masyarakat agar tetap waspada terhadap penularan virus Corona pada masa libur panjang. Satgas membeberkan data, terdapat peningkatan kasus positif Covid-19 pasca liburan panjang.

Demikian dibeberkan Juru Bicara (Jubir) Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito dalam keterangan pers di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (26/11) yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Baca juga : Ini 6 Langkah Kurangi Risiko Penularan Covid-19 Di Kegiatan Keagamaan

Wiku juga memahami kondisi pelaku usaha di sektor pariwisata dalam pandemi Covid-19. Terutama, mendekati akhir tahun.

Peningkatan kasus positif Covid-19 yang tak terkendali, kata dia, juga dapat berdampak buruk terhadap kelangsungan usaha, termasuk sektor pariwisata.

Pemerintah, menurutnya akan berusaha meminimalisasi peningkatan kasus positif, sehingga peningkatan kasus dapat lebih dikendalikan. Dia menegaskan, kebijakan yang akan diambil tentunya sudah mempertimbangkan berbagai dampak, termasuk terhadap sektor pariwisata.

Baca juga : Aktivitas Kegempaan Gunung Merapi Masih Tinggi, Masyarakat Diimbau Tak Panik

Wiku mengatakan, Satgas Penanganan Covid-19 terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan kementerian, terkait keputusan masa libur panjang akhir tahun 2020.

“Masyarakat perlu mengetahui, apapun keputusan yang diambil pemerintah akan selalu mengutamakan keselamatan masyarakat Indonesia di tengah pandemi Covid-19,” tegasnya.

Rencana, pemerintah yang akan memangkas libur panjang akhir tahun, yang disambut pro dan kontra netizen. Yang pro, mendukung pemangkasan cuti bersama untuk menekan penularan Covid-19.

Baca juga : Vaksin Covid-19 Sudah Ada, Petinggi WHO Ingatkan Masyarakat Tetap Waspada

“Libur akhir tahun lebih baik dipangkas, karena yang waktu Oktober kemaren, libur panjang kasus Covid -19 naik,” kata Lisa mengingatkan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.