Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Di Yogyakarta, Hampir 100 Persen

Libur Panjang, Tingkat Hunian Hotel BUMN Naik Tajam

Kamis, 29 Oktober 2020 10:23 WIB
Direktur Utama PT Hotel Indonesia Natour (Persero), Iswandi Said (Foto: Istimewa)
Direktur Utama PT Hotel Indonesia Natour (Persero), Iswandi Said (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Utama PT Hotel Indonesia Natour (Persero) atau PT HIN, Iswandi Said menyambut gembira geliat wisatawan di masa libur panjang akhir bulan ini, yang berlangsung mulai Rabu 28 Oktober hingga 1 November mendatang. 

Dalam acara Talk Show virtual bertajuk "Protokol Kesehatan Terjaga, Liburan di Hotel Aman" yang digelar RMco.id, Rabu (28/10), Iswandi menyebut tingkat hunian di hotel BUMN meningkat tajam. Terutama, di Yogyakarta. Wilayah Bali yang paling terdampak, kini juga sudah mulai menggeliat.

Grand Inna Malioboro, Yogyakarta siap menyambut tamu hotel, dengan protokol kesehatan (Foto: Instagram)

"Saya yakin, tingkat hunian di Yogyakarta akan menjadi 100 persen, karena tempatnya relatif mudah dijangkau dengan transportasi darat. Para tamu bisa bawa kendaraan sendiri, dengan akses tol yang lebih mudah," ujar Iswandi.

Baca juga : Amankan Libur Panjang, Pemkot Yogyakarta Turunkan 300 Personel Gabungan

 

"Untuk Bali, terus terang kemarin agak parah. Karena akses ke sana kan naik pesawat udara. Di masa pandemi, hotel-hotel banyak yang tutup karena over supply. Di Nusa Dua, hanya ada 4 hotel yang buka. Salah satunya, hotel kami," imbuhnya.

Alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia ini pun menjelaskan alasan di balik kebijakan tidak menutup 14 hotel dan resort di bawah PT HIN, selama masa pandemi. 

Baca juga : Izin Resepsi Pernikahan Sebaiknya Ditunda Dulu

"Justru lebih besar risikonya kalau ditutup. Perawatan hotel kan sangat rentan. Kita harus perhatikan, bagaimana sirkulasi udara. AC-nya seperti apa. Kalau lama nggak dipakai, bisa berjamur," terang Iswandi.

Mantan  memastikan, seluruh hotel BUMN yang tersebar di Jawa, Bali, dan Sumatera beroperasi dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Selain rutin melakukan disinfektan dan menyediakan peralatan penunjang protokol kesehatan seperti hand sanitizer dan masker, tamu yang akan check out juga diminta menuliskan tujuan perjalanan berikutnya untuk memudahkan penelusuran.

Baca juga : Mendagri Tak Pernah Larang Peringatan Maulid Nabi

Seluruh karyawan hotel di bawah naungan PT HIN pun rutin menjalani swab test.

"Protokol kesehatannya ketat, untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Sebelum tamu datang, saat menginap, dan setelah tamu pergi, protokol kesehatannya lengkap kami laksanakan. Ada petugas hotel juga yang mengawasi kapasitas pengunjung di ruang publik seperti restoran dan kolam renang," pungkasnya. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.