Dark/Light Mode

Merapi Batuk-batuk, Balai Konservasi Borobudur Tutup Tiga Candi

Senin, 30 November 2020 21:38 WIB
Candi Bobrobudur. (Foto: ist)
Candi Bobrobudur. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Untuk mengantisipasi hujan abu jika Gunung Merapi erupsi, Balai Konservasi Borobudur (BKB) segera menutup tiga candi.

Kepala Balai Konservasi Borobudur, Wiwit Kasiati mengatakan, ketiga candi yang akan ditutup adalah Candi Borobudur, Candi Mendut dan Candi Pawon. Penutupan Candi Borobudur dan Candi Mendut sudah berlangsung beberapa waktu lalu, namun untuk Candi Pawon belum dimulai.

Baca juga : Pertamina Ajak Jurnalis Kenali Konservasi Yaki di PPS Tasikoki Sulawesi Utara

"Nanti Candi Pawon juga ditutup, sekarang yang tengah kita lakukan penutupan Candi Mendut dan Candi Borobudur," ujarnya seperi dikutip dari Antara, Senin (30/11).

Menurut dia, penutupan bangunan candi ini bagian antisipasi kalau Gunung Merapi erupsi. Pasalnya berdasarkan pengalaman tahun 2010 untuk membersihkan batu candi dari abu vulkanik Merapi membutuhkan cukup waktu dan tenaga.

Baca juga : Survei BI Oktober, Keyakinan Konsumen Masih Tertahan

"Kami tidak ingin berulang seperti dulu, kami tidak ingin terlalu lama menutup candi sehingga kami tutup dengan terpaulin untuk sementara sebagai antisipasi," katanya.

Ia menyebutkan, untuk Candi Borobudur yang ditutup terpaulin bagian lantai lorong dan stupa dan untuk Candi Mendut sudah ditutup bagian atas. "Jadi tiga candi itu sudah punya covernya semua, tinggal menutupkan," katanya.

Baca juga : Citra Positif Bangkitkan Gairah Ekonomi di Tengah Pandemi

Namun, karena keterbatasan tenaga dan juga kondisinya tidak darurat erupsi maka bekerjanya secara bertahap. “Belum semua pegawai masuk, karena masih ada yang WFH terkait pandemi Covid-19,” ujarnya. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.