Dark/Light Mode

KSAD Minta Bantuan Lab PCR Di RS TNI AD Operasi Semua Minggu Depan

Selasa, 8 Desember 2020 15:59 WIB
KASAD Jenderal Andika Perkasa. (Foto: ist)
KASAD Jenderal Andika Perkasa. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Rumah Sakit TNI Angkatan Darat mendapat bantuan laboratorium polymerase chain reaction (PCR) dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kementerian Pertahanan (Kemenhan). 

Asisten Logistik KSAD, Mayjen Jani Iswanto mengatakan, bantuan lab PCR dari BNPB telah beroperasi di seluruh rumah sakit. Sedangkan bantuan lab PCR dari Kemenhan tengah diupayakan beroperasi keseluruhannya. 

“Dari Kemenhan, dari 17 ada 7 yang sedang melaksanakan pelatihan sedangkan yang lainnya sudah selesai,” lapor Jani kepada Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), Jenderal Andika Perkasa, Selasa (8/12).

Baca juga : LPDB Guyur Bantuan Modal Koperasi Tuna dan Perinus Ambon

Tujuh rumah sakit di antaranya, RS Tingkat II Iskandar Muda Banda Aceh, RS Tingkat III dr. Reksodiwiryo Padang, RS dr. Bratanata Jambi, RS Tentara Tingkat III dr. Sindhu Trisno, Rumah Sakit Tingkat IV dr. Sumantri, dan dua RS lainnya.⁣ 

Mendengar laporan yang diterima anak buahnya itu, Andika mengapresiasi. "Oke bagus sekali Aslog selesai ya," ujar menantu eks Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Hendropriyono itu. 

Namun, dia meminta, pekan depan semua bantuan lab PCR harus sudah beroperasi. "Jumat depan saya ingin cek sekali lagi keseluruhan tentang kondisi terakhir. Termasuk stok reagent dari masing-masing rumah sakit yang PCR-nya didukung BNPB maupun dari Kemenhan,” sebut Andika. 

Baca juga : PGI Minta Masyarakat Tak Terprovokasi Pembunuhan Sigi

Selain itu, Andika juga menerima laporan berkala terkait penanganan Covid di Rumah Sakit Pusat AD (RSPAD) terkait stok reagent dan plasma konvalesen. 

“Izin melaporkan, PCR tinggal 8.544 test, reagent masih banyak 50.454 test, dan plasma 82. Ini ada informasi kami dapat APD dari Kemenhan satu set lengkap. Waktu penerimaannya dua hari lalu itu sebanyak 20.000 set termasuk masker kain 95," beber Wakil Kepala RSPAD Brigjen TNI Lukman. 

Andika akan terus memberikan dukungan kepada seluruh RS TNI yang ada sebagai garda dalam penanganan Covid-19. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.