Dark/Light Mode

Ciptakan Ge-Nose C-19, UGM Dapat Jempol Airlangga

Senin, 14 Desember 2020 14:24 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (Foto: Istimewa)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengapresasi inovasi peneliti Universitas Gadjah Mada (UGM) yang sukses membuat Ge-Nose C-19, alat uji Covid-19. Inovasi ini akan semakin memudahkan uji Covid-19 di masyarakat.

"Alat ini dapat menjadi solusi uji Covid-19 di tengah tingginya mobilitas masyarakat," kata Airlangga, di Jakarta, Senin (14/12) seperti dikutip Antara.

Baca juga : Wakil Rakyat Jakarta Akhirnya Insyaf Juga

Ia mengharapkan, adanya alat ini dapat membuat pengembangan uji ketahanan Covid-19 dapat menjadi lebih mudah, murah, dan hasilnya cepat.

"Pemerintah sangat mengapresiasi inovasi dan sinergi antara kampus dan korporasi seperti ini. Dan berharap akan ada lebih banyak lagi terobosan inovasi di masa yang akan datang," katanya.

Baca juga : Ronaldo Cetak Dua Gol, Juve Tempel AC Milan

Sebelumnya, Airlangga mengatakan, ketersediaan vaksin Covid-19 dapat meningkatkan kepercayaan publik terhadap kesehatan dan pemulihan ekonomi nasional. Ia menyebutkan, 1,2 juta dosis vaksin Covid-19 dari Sinovac yang tiba di Indonesia, Minggu (6/12), sedang dalam prosedur emergency user authorization dari BPOM.

Menurut dia, vaksin dapat menjadi pendorong terjadinya pemulihan ekonomi secara penuh seiring dengan penerapan kebijakan gas dan rem oleh pemerintah untuk mengendalikan kasus Covid-19. Saat ini, meski kasus pandemi di Indonesia terus bertambah, tingkat kesembuhannya mencapai 82,91 persen atau lebih tinggi dari rata-rata kesembuhan global, sehingga menjadi sinyal positif ke depan. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.