Dark/Light Mode

Polisi Bubarkan Massa Demo 1812 Di Patung Kuda

Jumat, 18 Desember 2020 15:37 WIB
Barikade polisi dalam aksi demo 1812 menutup jalan ke Istana Merdeka, dari arah Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (18/12). (Foto: Ng Putu Wahyu Rama/RM)
Barikade polisi dalam aksi demo 1812 menutup jalan ke Istana Merdeka, dari arah Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (18/12). (Foto: Ng Putu Wahyu Rama/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Meski tak mengantongi izin dari kepolisian, para peserta aksi 1812 nekat menggelar demonstrasi di Patung Kuda, Jakarta Pusat, Jumat (18/12). Polisi pun membubarkan mereka.

Awalnya, Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Heru Novianto melalui pengeras suara sudah meminta massa bubar. "Kita bertindak atas nama undang-undang. Bagi yang merasa melanggar undang-undang kami akan lakukan tindakan tegas. Silakan bubarkan diri. Kalo nggak mau bubar, tangkap," imbau Heru, melalui pengeras suara.

Baca juga : Polisi Siapkan 500 Alat Tes Antigen Di Perbatasan Jakarta Timur

Sebagian massa menurut. Mereka mundur ke arah Jalan Budi Kemuliaan. Sebagian lagi ke Jalan Medan Merdeka Selatan. Tapi ada juga yang membandel, tetap bertahan di Patung Kuda. Sebagian bertahan di IRTI Monas.

Sontak pukul 13.40, ratusan polisi dilengkapi helm, rompi, dan tameng mulai memukul mundur massa. Mereka berupaya menggiring massa ke Jalan Merdeka Selatan ke Balai Kota. Massa pun mulai kocar-kacir. Mereka lari ke arah Kebon Sirih.

Baca juga : Polisi Tak Terbitkan Izin Demo 1812

Polisi terus mengejar, hingga massa berlarian ke arah Tanah Abang. Pasukan Brimob ikut bersiaga mengawal massa mundur. Barikade polisi bergerak menutup jalan ke Patung Kuda, agar massa tidak kembali. Sebuah mobil water cannon dan 2 mobil pengurai massa (raisa) bersiaga. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.