Dark/Light Mode

Ragam Peliharaan Presiden AS, Aligator Hingga Kuda

Senin, 30 November 2020 22:55 WIB
Mantan Presiden AS Barack Ooama dengan anjingnya, Bo.
Mantan Presiden AS Barack Ooama dengan anjingnya, Bo.

RM.id  Rakyat Merdeka - Bukan hal aneh jika Presiden Amerika Serikat (AS) punya hewan peliharaan di Gedung Putih. Dalam kehidupan masyarakat Negeri Paman Sam itu, sudah menjadi tradisi hewan menjadi bagian dari keluarga. Bermacam-macam yang mereka pelihara. Mulai dari aligator, kuda nil hingga burung. Namun yang terfavorit adalah anjing.

Tapi tidak demikian dengan Presiden Donald Trump. Presiden ke-45 itu menjadi yang  pertama dalam 130 tahun tidak mengikuti kebiasaan yang telah dimulai Presiden ke-1 George Washington, meski dia tidak tinggal di Gedung Putih.

Harian New York Post melaporkan, Trump hampir saja mendapat hadiah anjing dari seorang kawan yang tinggal di Florida. Anjing itu diberi nama “Patton”, nama jenderal Amerika yang terkenal dalam Perang Dunia II. Namun menurut kawan itu, Lois Pope, Trump mengatakan padanya, “Lois, saya tidak bisa menerima anjing itu. Apa yang akan saya lakukan dengannya; saya sibuk di sini (Florida), di New York dan di Washington.”


Kantor Berita AS, VOA pernah memberitakan, petugas Museum Binatang Peliharaan Presiden mengatakan, Presiden Andrew Johnson (1865-1869) juga tidak punya hewan peliharaan. Johnson sering menaburkan tepung gandum di lantai Gedung Putih untuk makanan tikus. Tapi, apakah tikus bisa dianggap sebagai binatang peliharaan? Ada lagi James Polk, Presiden ke-11 (1845-1849) ang tidak memiliki hewan peliharaan.

Sebelum Trump menjabat pada 2016, Presiden Barack Obama memiliki dua anjing peliharaan, Bo dan Sunny. Sebelum Obama, Presiden George W Bush punya beberapa anjing peliharaan, seekor kucing dan seekor sapi di tanah peternakannya di Crawford, Texas.

Sayangnya, anjing ini harus di-eutanasia karena komplikasi medis pada 2004. Dia memiliki anjing kecil hingga 2013 bernama Barney, yang dikritik Vladimir Putin karena tidak sekuat atau secepat anjingnya.

Bush juga punya Miss Beazley, anjing Scottish Terrier yang diberikan istrinya Laura yang meninggal dunia pada 2014. Dia juga memiliki seekor kucing bernama India yang meninggal pada 2009 dan akhirnya, ia memiliki seekor Longhorn bernama Ofelia yang tinggal di peternakannya.  

Baca juga : Selama 2020, SWA Torehkan Prestasi Tingkat Dunia

Presiden John F Kennedy, menurut pejabat museum tadi, agaknya punya hewan peliharaan paling banyak. Presiden yang terbunuh tahun 1963 itu punya 22 hewan peliharaan. Beberapa ekor anjing, burung, kelinci dan seekor kuda kecil. Salah satu anjingnya bernama Pushinka, hadiah dari Perdana Menteri Uni Soviet Nikita Khrushchev.

Mereka memiliki dua parkit bernama Marybelle dan Bluebell, seekor kuda poni bernama Macaroni, seekor kelinci bernama Zsa Zsa, seekor kuda bernama Sardar, seekor pudel bernama Gaullie, seekor Welsh Terrier bernama Charlie, seekor kucing dengan nama sederhana Tom Kitten, seekor Doberman bernama Moe.

Ada juga dua kuda poni bernama Leprechaun dan Tex, dua hewan pengerat bernama Billie dan Debbie, seekor anjing yang dihadiahkan kepada mereka oleh Uni Soviet bernama Pushinka, seekor anjing Cocker Spaniel Irlandia bernama Shannon dan seekor Wolfhound bernama Wolf.

Presiden ke-19, Rutherford B Hayes memiliki anjing Cocker Spaniel bernama Dot, seekor Mastiff Inggris bernama Duke, seekor Greyhound bernama Grim, Newfoundland bernama Hector, Schnauzermini bernama Otis, dua anjing pemburu bernama Shep dan Juno, Anjing lain bernama Jet, seekor kucing yang dia beri nama Piccolomini, kucing siam yang pertama di AS. Lalu, dia mendapat kucing siam kedua bernama Miss Pussy. Kedua kucing ini adalah hadiah yang diberikan Raja Siam.

Sebagai informasi, Washington adalah Presiden pertama AS yang memiliki beragam jenis peliharaan, yaitu:

1. Tiga anjing, jenis American Foxhound bernama Scentwell, Vulcan dan Sweetlips.

2. Empat anjing jenis Coonhound bernama Taster, Tipsy, Tipler dan Drunkard.

Baca juga : Pertamina Sabet 24 Penghargaan Indonesian CSR Awards 2020

3. Seekor keledai pemberian Raja Spanyol bernama Charles III.

4. Kuda bernama Blueskin, Traveller, Steady, Samson, Leonidas dan Magnolia.

Selanjutnya, Presiden AS John Adams memiliki tiga anjing bernama Mark, Satan dan Juno serta dua kuda bernama Caesar dan Cleopatra.

Sedangkan Thomas Jefferson memiliki peliharaan yang tidak biasa. Dia memiliki dua anak beruang, kuda, seekor burung mockingbird dan beberapa anjing liar.

James Madison hanya memiliki seekor burung beo bernama Polly.

Begitu juga James Monroe yang hanya memelihara seekor Siberian Hushky bernama Sebastian.

John Adams menerima hadiah dari Marquis De Lafayette berupa seekor aligator.

Baca juga : Presiden Palestina Melunak

Sementara Andrew Jackson memiliki seekor beo yang bisa mengucapkan kata sumpah serapah. Dia juga memelihara ayam jago petarung dan lima kuda.

Martin Van Buren sempat memiliki dua anak harimau dari Sultan Oman. Namun, kedua hewan eksotis ini harus dikembalikan ke pengawas binatang.

William Henry Harrison memiliki seekor sapi bernama Sukey dan seekor kambing. John Tyler memiliki seekor kuda bernama The General, seekor kenari bernama Johnny Ty dan seekor Greyhound Italia bernama La Beau.

Zachary Taylor hanya memiliki satu kuda bernama Old Whitey. Millard Fillmore memiliki dua kuda poni, satu bernama Dixon dan satunya lagi bernama Mason. Sementara itu, James Buchanan memiliki seekor elang, seekor terrier bernama Punch dan seekor Newfoundland bernama Lara.

Abraham Lincoln terkenal karena mengatakan bahwa salah satu kucingnya lebih pintar dari kabinetnya. Lincoln juga memiliki dua ekor kambing bernama Nanko dan Nanny, seekor kalkun bernama Jack, dua anjing bernama Fido dan Jip, dua kucing bernama Dixie dan Tabby. Tidak hanya itu, dia juga memiliki seekor kuda.

Sedangkan Ulysses S Grant punya banyak kuda dan seekor anjing setia bernama Rosie.[DAY]

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.