Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kirim Surat Ke Keluarganya

Pengamat Sebut Rizieq Sihab Mulai Melunak

Sabtu, 19 Desember 2020 09:08 WIB
Imam besar FPI Muhammad Rizieq Shihab menggunakan baju tahanan usai diperiksa penyidik Polda Metro Jaya, Minggu (13/12/2020) dini hari. (Foto : Suara.com/Alfian Winanto)
Imam besar FPI Muhammad Rizieq Shihab menggunakan baju tahanan usai diperiksa penyidik Polda Metro Jaya, Minggu (13/12/2020) dini hari. (Foto : Suara.com/Alfian Winanto)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sosok Muhammad Rizieq Shihab dianggap berubah setelah ditahan di Polda Metro Jaya. Sikap Figur pentolan Front Pembela Islam (FPI) ini dinilai melunak.

"Beliau sudah tahu bahwa dalam kasusnya saat ini tidak dapat diselesaikan dengan suara yang keras. Sehingga beliau memilih dengan cara yang lebih halus untuk menjalankan proses hukum," ujar pengamat sosial dan masyarakat, Kan Hiung kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (19/12).

Pernyataan ini muncul seiring dengan viralnya surat Rizieq kepada keluarganya. Kan melihat, dengan cara yang halus demikian, HRS berharap para pendukungnya akan berjuang lebih keras untuk membelanya agar bisa lepas dari jerat hukuman.

Baca juga : Satu Lagi Pengancam Pembunuhan Mahfud MD Jadi Tersangka

"Dengan cara halus tersebut akan mengundang pemandangan lawan politik di seberang bahwa HRS menjadi lebih lemah," pungkasnya.

Pendapat senada juga dilontarkan oleh pengamat perilaku, Lutfi JW. Menurutnya, surat Rizieq itu sebagai upaya untuk menenangkan keluarga dan pendukung garis kerasnya. Ia juga melihat, ada maksud tersirat dari surat yang dilayangkan HRS ini. "Perlu diwaspadai, ini untuk memuluskan gugatan pra peradilannya. Kalau beliau terus menerus keras, akan semakin dijegal," paparnya.

Sedangkan Effendy Ahmad dari Bara Baja melihat, dalam surat HRS kepada istri dan keluarganya, salah satunya soal pesan terkait makanan yang diinginkan untuk berbuka puasa menyiratkan sebuah 'kejanggalan'.

Baca juga : Besok, Rizieq Diperiksa Di Rutan Polda Metro Jaya

"Yang menjadi pertanyaan saya, apakah ada sesuatu yang dikhwatirkan pada diri HRS tentang makanan?", ujar Effendy di Jakarta.

Effendy juga melihat, banyaknya yang 'pasang badan' dan ingin menggantikan HRS di penjara atau setidaknya ikut mendampingi di penjara memperlihatkan dua maksud.

"Mereka benar-benar tulus mengikuti imamnya atau ada suatu strategi yang di rancang oleh orang-orang yang menggerakkan demo untuk melakukan sesuatu pada HRS," ucap pria yang sempat menjadi koordinator lapangan saat sejumlah ormas berdemo di depan Mabes Polri meminta HRS ditangkap.

Baca juga : Kasus Swab Test Rizieq Shihab Naik Ke Penyidikan

Ia pun menduga, ada yang memainkan situasi di luar kendali HRS. "Kesimpulannya HRS adalah kunci utama dalam banyak perkara yang menimpanya, namun ia bukanlah perancang atau pemodal, tetapi hanya pelaku yang siap jadi martir. Jadi menurut saya, HRS harus dijaga dan dilindungi dengan baik oleh Polri dengan maksud untuk mengungkap siapa yang ada di baliknya," pungkas Effendy. [EDY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.