Dark/Light Mode

Kapal Pelni Siap Distribusikan Vaksin Covid-19

Senin, 21 Desember 2020 12:03 WIB
Kapal Pelni Siap Distribusikan Vaksin Covid-19

RM.id  Rakyat Merdeka - Kapal-kapal PT Pelni (Persero) siap mendukung pemerintah mendistribusikan vaksin Covid-19 hingga ke wilayah tertinggal, terpencil, terluar dan perbatasan Indonesia.

Hal ini ditegaskan Direktur Utama Pelni, Insan Purwarisya L Tobing. Selain jangkauan trayek yang luas, ujarnya, kapal-kapal Pelni merupakan operator kapal terbesar di Indonesia yang menjalankan program tol laut. Peran utamanya, kata Insan, adalah mendistribusikan kebutuhan utama masyarakat di wilayah dengan akses yang terbatas.

Ia berharap, pemerintah melibatkan perusahaannya dalam mendistribusikan vaksin Covid-19 ke penjuru Nusantara. Mengingat vaksin menjadi kebutuhan yang ditunggu banyak wilayah di Indonesia.

Baca juga : Bentuk Satgas Nataru, Pertamina Siap Kawal Distribusi Energi

Sebagai perusahaan angkutan penumpang dan barang, lanjut Insan, Pelni saat ini mengoperasikan 26 kapal penumpang, 4 kapal barang, 8 kapal tol laut, 45 trayek kapal perintis, dan 20 kapal rede. Semuanya berlayar hingga wilayah tertinggal, terpencil, terluar, dan perbatasan (3TP).

Menurutnya, kapal-kapal Pelni dimungkinkan mengambil peran mendistribusikan vaksin Covid-19. Jika diberi kesempatan pemerintah, Insan menyakini, distribusi vaksin menggunakan kapal Pelni dapat dilakukan dengan segera.

Pihaknya juga mempersilakan pemerintah melihat kesiapan kapal-kapal Pelni tersebut. "Kapan saja, kami siap mendampingi pemerintah melihat prosedur angkutan barang di kapal Pelni. Baik itu kapal penumpang maupun kapal kargo," kata dia.

Baca juga : Bamsoet Pantau Simulasi Vaksinasi Covid-19 Di Puskesmas Makkasau, Makassar

Sementara Direktur Usaha Angkutan Barang dan Tol Laut, Masrul Khalimi menyampaikan, kapal Pelni mampu mengangkut muatan beku dan non beku. Untuk muatan beku, jelasnya, antara lain seperti daging ayam beku, daging, produk perikanan (ikan beku), obat-obatan, hingga es krim.

Sedangkan untuk muatan non beku yang dapat diangkut antara lain, bahan pokok penting, kopra, kayu, produk-produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), barang-barang kebutuhan rumah tangga, semen, dan masih banyak lagi yang lain.

Masrul menambahkan, selama lima tahun mengoperasikan kapal tol laut, pihaknya telah mendistribusikan 22.497 TEUs muatan ke berbagai wilayah 3TP. [RSM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.