Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Indonesia Bersiap Jadi Sentra Distribusi Vaksin Asia Tenggara

Rabu, 16 Desember 2020 00:08 WIB
Syefri Luwis, peneliti sejarah wabah Universitas Indonesia [Foto: Komunikasi Kebencanaan BNPB/Lia Agustina]
Syefri Luwis, peneliti sejarah wabah Universitas Indonesia [Foto: Komunikasi Kebencanaan BNPB/Lia Agustina]

RM.id  Rakyat Merdeka - Bekerja sama dengan sejumlah negara produsen vaksin Covid-19, Indonesia menyusun langkah strategis untuk menjadikan Indonesia sebagai manufacturing hub, yakni sentra distribusi vaksin di kawasan Asia Tenggara.

"Pemerintah segera menyelesaikan sejumlah fasilitas di dalam negeri untuk menjadikan manufacturing hub untuk vaksin di Asia Tenggara," kata peneliti sejarah wabah, Syefri Luwis, melalui pernyataan tertulisnya, Selasa (15/12/2020).

Menurutnya, langkah untuk menjadikan Indonesia sebagai jalur utama distribusi vaksin sangat penting. Baik sebagai sentra distribusi maupun untuk mengembangkan transfer teknologi, guna mempercepat kemampuan Indonesia memproduksi vaksin dalam negeri.

Baca juga : PBNU: Indonesia Tak Perlu Jalin Hubungan Diplomatik Dengan Israel

Selain itu, lanjut Syefri, Indonesia patut menjadi hubungan utama penyebaran vaksin. Karena jalur distribusi utama vaksin di Asia Tenggara adalah di Indonesia. Ini mengingat jumlah penduduk Indonesia yang terbesar di Asia Tenggara.

"Indonesa harus bisa menjadi manufacturing hub vaksin. Jumlah penduduknya sangat banyak. Dengan begitu, punya akses lebih cepat untuk mendapatkan dan mendistribusikan vaksin ke seluruh penduduk Indonesia," katanya.

Pertimbangan lainnya, dengan menjadi manufacturing hub di Asia Tenggara, pemerintah bisa menekan biaya lebih murah untuk pengadaan vaksin bagi masyarakat.

Baca juga : HUT Ke-63, Pertamina Siapkan Terminal BBM Sambu Jadi Trading Hub Di Asia Tenggara

Menurut Syefri, guna menyukseskan misi tersebut, seluruh lembaga terkait bersinergi di bawah payung Satgas Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Syefri juga mengingatkan semua pihak terkait untuk menghentikan polemik mengenai vaksin, dan fokus pada kerja bersama dalam menyukseskan program vaksin untuk seluruh masyarakat. "Tiap lembaga harus saling berkoordinasi untuk misi besar, terkait penyaluran vaksin ke seluruh wilayah Indonesia," ujarnya.

Menurut dia, peran sentral Indonesia sebagai pusat koneksi penyebaran vaksin di Asia Tenggara, mendapat pengakuan dari pemerintah China, yang menilai posisi dan peran Indonesia sangat vital dalam proses distribusi vaksin di Asia Pasifik. [RSM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.