Dark/Light Mode

Youth Leaders Forum, Cara Santri Mengabdi Kembangkan Kualitas SDM

Jumat, 25 Desember 2020 13:51 WIB
Founder Yayasan Santri Mengabdi Ali Ridho Azhari (Foto: Istimewa)
Founder Yayasan Santri Mengabdi Ali Ridho Azhari (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Yayasan Santri Mengabdi Banten sukses menyelenggarakan Youth Leaders Forum 2020 dengan tema "Mengabdi Untuk Negeri", Kamis (24/12). Kegiatan ini dilaksanakan secara virtual mengingat suasana masih dalam masa pandemi Covid -19.

Youth Leader Forum 2020 diikuti sekitar 500 milenial dari beberapa wilayah Indonesia. Acara dibuka Ketua DPD La Nyalla Mahmud Mattalitti. Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum ikut menjadi pemateri acara ini.

Baca Juga : Merawat Kehidupan Di Sela Duka Dan Kerusakan Akibat Pandemi Covid-19

Acara terbagi dua sesi. Sesi pertama, khusus membahas tentang pentingnya pemuda dalam membangun bangsa. Sesi kedua membahas tentang pemuda produktif bersama membangun negeri.

Founder Yayasan Santri Mengabdi Ali Ridho Azhari menjelaskan, Santri Mengabdi adalah sebuah organisasi sosial kepemudaan di Indonesia yang berusaha menyediakan berbagai forum yang kreatif dan inovasi untuk pemuda di Indonesia baik di tingkat regionaal, nasional, maupun internasional.

Baca Juga : Misa Natal Tatap Muka, Gereja Katedral Periksa Suhu Tubuh Jemaat

"Santri mengabdi berfokus pada pengembangan pemuda di berbagai bidang kajian. Di antaranya kepemudaan, pendidikan, wirausaha, kebijkan publik, budaya, dan demokrasi. Semua bidang kajian ini dilaksanakan tiada lain bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang lebih baik dan mendorong pertumbuhan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang ada," ucap Ali, dalam keterangan yang diterima redaksi, Jumat (25/12).

Youth Leaders Forum 2020 merupakan salah satu gerakan Santri Mengabdi yang dirancang sebagai media pelatihan dan pemberdayaan pemuda. Pokok bahasannya adalah mempersiapkan generasi muda yang berkualitas. Melalui kegiatan ini, pemuda dibekali pengetahuan bagaimana menjadi generasi muda yang berkualitas melalui sosial, politik, kepemudan, dan demokrasi.

Baca Juga : Kena Covid, Wajah Dewi Perssik Dipenuhi Ruam Merah

Dalam sesi terakhir, Ali mengumumkan juara Lomba Esai Nasional dengan tema Mengabdi Untuk Negeri. Lomba Esai Nasional juga merupakan salah satu kegiatan Santri Mengabdi dalam memberikan ide gagasan dan masukan cerdas dari pemuda yang dapat diaplikasikan untuk pembangunan daerah. [USU]