Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Selepas Sertijab Menkes

Balik Jadi Mantri, Terawan Legowo

Selasa, 29 Desember 2020 21:52 WIB
Terawan Agus Putranto bersama istri saat acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Menteri Kesehatan kepada penggantinya, Budi Gunadi Sadikin di Kantor Kementerian Kesehatan, Selasa (29/12). (Foto: Youtube Kemenkes)
Terawan Agus Putranto bersama istri saat acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Menteri Kesehatan kepada penggantinya, Budi Gunadi Sadikin di Kantor Kementerian Kesehatan, Selasa (29/12). (Foto: Youtube Kemenkes)

RM.id  Rakyat Merdeka - Terawan Agus Putranto, mantan Menteri Kesehatan (Menkes), mengaku melepas jabatan dengan legowo. Tak lagi menjadi pembantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di kabinet, Terawan balik lagi ke asal, jadi mantri (dokter).

Hal ini diungkapkan Terawan saat acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Menteri Kesehatan kepada penggantinya, Budi Gunadi Sadikin di Kantor Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Selasa (29/12).

"Saya dan istri merasa sangat bersyukur boleh mengakhiri masa jabatan saya, meskipun belum lengkap, tetapi itu merupakan anugerah yang Tuhan berikan," ungkap Terawan dilihat di kanal Youtube Kemenkes, Selasa (29/12).

Baca juga : Pak Terawan, Sertijab Dulu Jangan Ngilang

Selepas meninggalkan posisi Menkes,nTerawan menyebut akan kembali ke dunia asalnya, menjadi mantri. "Saya sesudah menteri, menjadi mantri. Dan itu menjadi sebuah kebanggaan bagi saya. Saya boleh menyuntik orang kembali," canda Terawan sambil tersenyum disambut tepuk tangan hadirin.

Malahan, sebelum menghadiri acara Sertijab, Terawan mengaku baru saja menangani pasien. "Siang tadi saya menolong tiga pasien. Dua pasien dengan stroke batang otak dan serebelum dan satu pasien demensia dari Amerika," ujarnya.

Mantan Kepala RSPAD Gatot Soebroto bersama sejumlah staf yang membantunya selama di Kemenkes, menyampaikan permohonan maaf dan resmi undur diri dari Kemenkes.

Baca juga : Urai Kemacetan Arus Balik Libur Natal, Jasa Marga Terapkan Contraflow Tol Japek

"Saya menyampaikan permohonan maaf bila dalam kedinasan ada hal yang kurang berkenan di hati, baik disengaja maupun tidak sengaja, saya betul-betul mohon maaf lahir dan batin," ucapnya sedih.

"Saya akan meneruskan profesi saya, apapun yang diizinkan. Itulah wujud bakti saya kepada bangsa dan negara. Kebetulan staf-staf saya ini mantan militer semua. Semua juga sadar kapan harus berhenti, kapan harus berjalan, kapan harus menghadapi situasi, kapan tahu kemampuan dan kapan tahu batas kemampuan," ujarnya.

Dia berpesan dan berharap, semua pegawai di Kemenkes tetap bekerja dengan baik, melayani masyarakat, dan menjalankan tugas dengan maksimal.

Baca juga : Sudah Tahunan Jadi Istri Nino Fernandez

"Selamat datang dan selamat bertugas kepada Pak Menteri dan Wakil Menteri. Semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu memberikan bimbingan, petunjuk, dan rahmat dalam menjalankan tugas negara, menjalankan kesehatan yang merata untuk seluruh rakyat Indonesia," pungkasnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi melakukan reshuffle kabinet. Salah satu yang dicopot adalah posisi Terawan. Ia digantikan oleh Budi Gunadi Sadikin (BGS). Tak sendiri, BGS juga didampingi Wakil Menteri Dante Saksono. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.