Dark/Light Mode

Tahap Pertama Vaksinasi

Pemprov Jabar Kantongi Jatah 97 Ribu Dosis Vaksin Covid-19

Rabu, 6 Januari 2021 09:50 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Ist)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Provinsi Jawa Barat bakal mendapatkan  97 ribu dosis vaksin Covid-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Vaksin ini nantinya untuk dua kali penyuntikan bagi para tenaga kesehatan.

Proses pemberian vaksin atau Program Vaksinasi Covid-19 tahap pertama rencananya dilaksanakan selama 15 bulan, dimulai pada minggu ke tiga bulan Januari.

"Total warga Jabar yang akan divaksinasi mencapai 33,5 juta orang. Akan dimulai minggu ketiga Januari, namun tahap pertama 97 ribu dosis untuk tenaga kesehatan dulu," ujar Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil saat konferensi pers di Gedung Sate Bandung, Selasa (5/1/2021).

Baca juga : Batik Air Angkut 30 Ribu Dosis Vaksin Covid -19 Ke Makassar

Sebelumnya gubernur memimpin rapat koordinasi Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Daerah di Aula Barat Gedung Sate.

Terkait proses vaksin yang cukup lama, hingga 15 bulan, gubernur berencana meminta kepada pemerintah pusat agar waktunya diperpendek menjadi 12 bulan atau bahkan cukup dengan 6 bulan saja. 

Ia menyatakan kesiapannya jika vaksinasi di Jabar dapat dilaksanakan selama enam bulan saja. Salah satunya dengan kesiapan vaksinator atau tenaga yang akan memberikan vaksin dimana saat ini sekitar 11 ribu orang sedang menjalani pelatihan.

Baca juga : Pemerintah Jamin Keamanan Data Penerima Vaksin Covid-19

"Awalnya ada 1.100 vaksinator, tetapi kabar baiknya, saat ini ada 11 ribu yang dilatih. Jabar paling siap," tegasnya.

Untuk itu, ia meminta kepada kepala daerah untuk melaksanakan simulasi pemberian vaksin termasuk menyiapkan tempat untuk kegiatan vaksinasi.

Gubernur mengatakan ada sekitar 1000 puskesmas yang akan dilibatkan dalam vaksinasi. Namun untuk mengejar agar vaksinasi dapat dilaksanakan dengan cepat, akan ditambah hingga menjadi 2000 lokasi. Dengan bantuan fasilitas tempat dari TNI dan Polri.

Baca juga : Dikawal Brimob, 20 Ribu Dosis Vaksin Covid-19 Tiba Di Jambi

"Kami juga usulkan waktu tunggu setelah mendapatkan vaksin cukup 30 menit agar tidak ada antrian dan bisa cepat," tegasnya.

Untuk diketahui, total warga Jabar yang akan mendapatkan vaksin mencapai 33,5 juta orang. Dengan memaksimalkan potensi yang ada termasuk SDM vaksinator yang mencapai ribuan orang, gubernur berharap vaksinasi cukup diselesaikan dalam 6 bulan saja. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.