Dark/Light Mode

Ganjar: Setiap Daerah Harus Punya 15 Tempat Tidur ICU Untuk Pasien Covid

Senin, 11 Januari 2021 16:27 WIB
Ganjar: Setiap Daerah Harus Punya 15 Tempat Tidur ICU Untuk Pasien Covid

 Sebelumnya 
Beberapa kabupaten dan kota memang memiliki cukup banyak ruang ICU non Covid-19. Namun, untuk mengubahnya menjadi ruangan khusus, dibutuhkan persyaratan yang ketat. Berbeda dengan penyediaan ruang isolasi, yang cenderung lebih mudah. “Kita minta target itu agar dapat dipenuhi,” ujarnya.

Vaksib Di Gudang

Baca juga : BPK Segera Audit Pengadaan Vaksin Covid-19

Terkait vaksinasi, Yulianto menyebut saat ini vaksin masih berada di fasilitas cold storage, milik Pemprov Jateng. Hingga saat ini, pihaknya masih menunggu izin edar atau Emergency Use Authorization (EUA) dari Badan Pengawas Makanan dan Obat (BPOM).

Pendistribusian vaksin ke kabupaten atau kota, akan dilakukan begitu izin edar keluar. Untuk distribusi, tidak memerlukan rantai pasok yang panjang.

Baca juga : Ratu Elizabeth Dan Pangeran Philip Sudah Disuntik Vaksin Covid-19

“Di Jateng, sehari bisa secara simultan. Jadi nanti dalam satu hari bisa,” urai Yuli.

Nantinya, begitu diberi izin edar, vaksin akan dibagikan ke pusat pemerintahan kabupaten atau kota. Setelah sampai di sana, domain distribusi akan berada di bawah Dinas Kesehatan Kabupaten atau Kota masing-masing, untuk kemudian disalurkan ke fasilitas kesehatan.

Baca juga : Menkes: Perlu 15 Bulan Untuk Tuntaskan Vaksinasi Covid

Sesuai jadwal, proses vaksinasi akan dimulai pada pertengahan minggu ini. Vaksinasi perdana ini akan diikuti oleh petugas kesehatan dan gubernur.

“Selain petugas kesehatan, ada tiga kelompok prioritas lainnya. Yakni pimpinan daerah, serta kelompok organisasi profesi dan tokoh-tokoh agama. Calon-calonnya sudah kita data. Jumlahnya ada sepuluh,” pungkas Yuli. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.