Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Libatkan Ormas Dan Tokoh Agama

Kemenag Rembang Cetak Buku Khutbah Jumat Berisi Pencegahan Covid-19

Selasa, 12 Januari 2021 15:46 WIB
Kantor Kemenag Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. (Foto: Ist)
Kantor Kemenag Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang menginisiasi penerbitan buku kumpulan khutbah Jumat berisi edukasi penanggulangan dan pencegahan Covid-19. Penerbitan buku ini bekerjasama dengan beberapa lembaga dan organisasi masyarakat.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Rembang, Pimpinan Daerah (PD) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Rembang, Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Rembang, Pengurus Cabang NU Lasem, dan Pengurus Daerah Muhammadiyah Rembang ikut terlibat menyusun buku khutbah Jumat.

Baca juga : Kamis Besok, Kota Dan Kabupaten Semarang Serta Kota Surakarta Siap Jalankan Vaksinasi Perdana Covid-19

Kasi Bimas Islam Kemenag Rembang Ali Muhyidin mengatakan, penerbitan buku ini merupakan tindak lanjut koordinasi dengan Forkompinda beberapa waktu lalu sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Rembang.

"Setelah rapat dengan Forkompinda, kami melakukan ikhtiar penanggulangan Covid19 dengan menerbitkan buku ini. Buku disusun oleh para ulama bekerjasama dengan MUI, DMI, PCNU dan PD Muhammadiyah," terang  Ali di Rembang, Selasa (12/01).

Baca juga : Cegah Klaster Keluarga, FKG Usakti Beri Pelatihan dan Penyuluhan Covid-19

Disebutkannya, pihaknya telah mendistribusikan buku khutbah ini ke 585 Masjid yang ada di tingkat Kabupaten, kecamatan, hingga desa. Masjid tersebut terdiri atas Masjid Jami', Masjid Besar, maupun Masjid Agung.

Ali berharap, dengan peran aktif para khatib memberikan ceramah kepada masyarakat, angka perkembangan pasien terpapar Covid di Kabupaten Rembang semakin menurun hingga terbebas dari status zona merah.

Baca juga : Bersama Abang None Jakarta Barat, FKG Usakti Lawan Covid-19

"Kiai dan ustadz merupakan tokoh yang kami nilai mampu memberikan penyuluhan kepada masyarakat. Karena tingkat kepatuhan masyarakat kepada kiai dan ustadz tinggi, kami berharap akan berpengaruh terhadap perilaku mereka secara signifikan untuk bersama-sama mencegah Covid19 ini,” ujar Ali.

Buku khutbah dengan tebal 40 halaman ini berisi imbauan kepada muslimin untuk secara aktif turut menanggulangi Covid19.  Beberapa pengisi khutbah Jumat tersebut antara lain Ketua Umum MUI Kabupaten Rembang KH. Muhammad Munib Muslich, Ketua MUI Kabupaten Rembang KH. Atho'illah Muslim, Ketua PCNU Rembang KH. Achmad Sunarto, Ketua PD. Muhammadiyah Kabupaten Rembang KH. Anshori Sholeh, dan Ketua PD DMI Kabupaten Rembang KH. Musthofa. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.