Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Akademi Rumah Bangsa: Listyo Berkualitas Dan Berintegritas, Layak Jadi Kapolri

Jumat, 15 Januari 2021 20:18 WIB
Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo (Foto: Ng Putu Wahyu Rama/RM)
Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo (Foto: Ng Putu Wahyu Rama/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Eksekutif Akademi Rumah Bangsa Afrifan Eldo Yura setuju dengan pemilihan Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon Kapolri. Dia optimis, di bawah kepemimpinan Listyo, yang sebentar lagi akan menjalani fit and proper test di Komisi III DPR, Polri bisa berbenah untuk menjadi institusi negara penegak hukum yang dicintai rakyat.

"Rekam jejak Komjen Listyo Sigit selama ini membuktikan dirinya adalah Perwira Tinggi Polri yang berkualitas dan berintegritas," ungkap Afrifan, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (15/1).

Baca juga : Menlu Inggris Turut Berduka Cita Atas Insiden Sriwijaya Air

Afrifan menilai, Polri butuh sosok pemimpin yang bisa memberikan keteladanan dan tidak terjebak dalam kepentingan politik mana pun. Polri, sesuai tagline profesional, modern dan terpercaya, harus bisa membuktikan jika reformasi Korp Bhayangkara terus terjadi seiring pergantian Kapolri.

Kapolri baru, lanjut dia, tentu harus memiliki kompetensi serta dapat diterima institusi internal maupun masyarakat. "Terpilihnya Komjen Listyo, tentu saja sudah melalui pertimbangan matang oleh Presiden Jokowi, yang telah mendapatkan berbagai masukan terutama dari Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) dan Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi Polri (Wanjakti)," ucapnya.

Baca juga : Eka Hospital Bangun Pusat Layanan Diabetes Terintegrasi

Yang jelas, kata Afrifan, tugas pertama Listyo, yang akan segera mendapatkan kenaikan pangkat menjadi Jenderal Bintang Empat, yaitu mengkonsolidasikan internal Kepolisian. "Bagaimana pun, beliau telah menyalib empat angkatan di atasnya. Dalam kerja-kerja penegakan hukum butuh suasana kebatinan yang baik. Jangan sampai ada friksi yang bisa menganggu stabilitas dan harmonisasi di tubuh Polri," pesan Afrifan. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.