Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ada iPusnas, Baca Buku Di Mana Saja Dan Kapan Saja Jadi Mudah

Rabu, 21 Oktober 2020 21:16 WIB
Ketua Reformasi Birokrasi Perpusnas Sri Marganingsih (Foto: Dok. Perpusnas)
Ketua Reformasi Birokrasi Perpusnas Sri Marganingsih (Foto: Dok. Perpusnas)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perpustakaan Nasional (Perpusnas) terus berinovasi dalam memberikan layanan prima bagi masyarakat. Salah satunya iPusnas. Perpustakaan digital Perpusnas ini memudahkan masyarakat membaca buku di mana pun dan kapan pun. Di masa pandemi saat ini, hadirnya iPusnas menjadi solusi untuk tetap membaca buku meski tidak dapat pergi ke perpustakaan.

“Perpustakaan Nasional terus melakukan inovasi dalam layanannya, apalagi dalam masa pandemi seperti saat ini. Ada beberapa perubahan yang kami lakukan untuk memberikan layanan perpustakaan kepada masyarakat. Hal ini sebagai upaya Perpustakaan Nasional untuk mencapai good governance mendukung terlaksananya Reformasi Birokrasi di lingkungan Perpustakaan Nasional,” kata Ketua Reformasi Birokrasi Perpusnas Sri Marganingsih, dalam Webinar “Kegiatan Membangun Budaya Baca Melalui iPusnas, Rabu (21/10).

Selain iPusnas, banyak inovasi unggulan lain yang telah dikembangkan Perpusnas. Di antaranya Indonesia OneSearch (IOS), yang merupakan satu pintu pencarian untuk semua koleksi publik dari perpustakaan, museum, arsip dan sumber elektronik di Indonesia. Kemudian, Layanan e-Resource, fitur layanan ‘Tanya Pustakawan’ untuk membantu pemustaka berkonsultasi dengan pustakawan, serta pendaftaran keanggotaan Perpusnas yang dapat dilakukan secara online.

Baca juga : SAPMA Pemuda Pancasila Bagikan Beras Dan Masker Ke Warga Sekitar Gedung DPR

“Saya berharap, masyarakat dapat menikmati layanan digital yang disediakan Perpustakaan Nasional. Di masa pandemi ini, bukan menjadi alasan untuk tidak membaca buku-buku yang ada di perpustakaan,” katanya.

Pustakawan Perpusnas, Rifa Fadillah, menjelaskan, seluruh koleksi yang ada di iPusnas resmi telah memiliki lisensi digital copyrights dari penerbit. Dengan dikelola menggunakan sistem Digital Right Management (DRM), setiap karya terlindungi dari pembajakan sesuai dengan Hak Cipta.

“Membaca iPusnas bisa menjadi mudah karena dapat diakses di mana saja, kapan dan oleh siapa saja yang telah men-download dan melakukan pendaftaran menjadi member iPusnas. Cara mendaftarnya pun mudah, cukup menggunakan akun facebook atau email,” jelasnya.

Baca juga : Hari Pangan Sedunia Dan Pahlawan Pangan Di Tengah Pandemi

Rifa mengatakan, iPusnas dapat dinikmati melalui gawai dengan mengunduh aplikasi di playstore atau dapat diakses melalui PC komputer. Pengguna bisa melakukan pencarian buku yang diinginkan dan dapat meminjam maksimal lima buku dalam satu akun. Satu buku dapat dipinjam selama lima hari.

“Tidak hanya membaca buku saja, tetapi juga dapat berinteraksi dengan sesama pengguna iPusnas. Seperti jalin pertemanan dan saling buku yang direkomendasikan,” terang Agen Perubahan Perpusnas ini.

Sementara, Pustakawan Perpusnas Tatat Kurniawati menjelaskan jenis layanan perpustakaan yang ada di Gedung Fasilitas Layanan Perpusnas yang di Jalan Medan Merdeka Selatan Nomor 11 Jakarta Pusat. Dia mengajak peserta webinar untuk menjadi anggota Perpusnas sekaligus memanfaatkan layanan yang ada di Gedung Fasilitas Layanan Perpusnas.

Baca juga : Ace: Tak Bijak, Buruh Unjuk Rasa Saat Pandemi Covid-19

Webinar yang diselenggarakan Perpusnas bekerja sama dengan Forum Dosen, Guru dan Tokoh Masyarakat (Fordorum) ini diikuti 500 peserta. Yang terdiri dari mahasiswa, dosen, dan guru. “Dengan pengenalan iPusnas ini kami berharap bisa meningkatkan budaya baca. Sebab, dengan membaca dapat mengembangan pengetahuan dan informasi bagi kita semua,” ungkap Ketua Fordorum Sri Watini. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.