Dark/Light Mode

Mantan Dirut TVRI Yazirwan Uyun Tutup Usia

Jumat, 15 Januari 2021 22:47 WIB
Foto: Karim Paputungan
Foto: Karim Paputungan

 Sebelumnya 
Iwan memulai kariernya sebagai reporter di TVRI pada 1982. Seperti jurnalis pada umumnya, Iwan merintis karier sebagai seorang reporter kemudian menjadi pewawancara dan produser berita.

Keseriusannya pada dunia wartawan, ditunjukkan dalam berbagai liputan yang bersama-sama teman seangkatannya yakni Max Sopacua, Ishadi SK, Abraham Isnan, Soetrimo dan lain- lain.

Baca juga : Mantan Pembalap Nasional Alex Asmasoebrata Tutup Usia

“Kala itu, TVRI menjadi pusat pemberitaan, mengingat belum ada stasiun televisi lain yang mengudar. Sehingga, tugas reporter TVRI menjadi andalan,” tutur Retno Intani, sahabat dekatnya yang sama-sama menekuni dunia pertelevisian.

Retno pun menyampaikan catatan untuk obituari almarhum kepada PWI Peduli, dan disiarkan kepada media.

Baca juga : KBRI Roma Dan KBRI Vatikan Rayakan Natal Bersama

Dalam perjalanan waktu, Iwan menduduki posisi jabatan struktural. Pos pertama yang diembannya adalah Kepala Sub Direktorat Pemberitaan TVRI, kemudian Direktur Personalia PT TVRI (Persero), dan terakhir menjabat sebagai Direktur Utama PT TVRI pada 10 Februari 2004. Menggantikan Hari Sulistyono, pejabat sebelumnya.

Iwan Uyun kemudian melepas jabatannya sebagai Direktur Utama PT TVRI kepada Dewan Pengawas LPP TVRI 2006-2011, yang diberi amanah Undang-Undang Penyiaran no 32 tahun 2002 untuk memberi arah pengelolaan TVRI sebagai Lembaga Penyiaran Publik.

Baca juga : Positif Covid Sejak Sebulan Lalu, PM Eswatini Tutup Usia

Setelah tidak aktif lagi di TVRI pada tahun 2007, Iwan Uyun menjadi anggota Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) dua periode, yakni periode 2007 – 2010 dan periode 2010 – 2013.

Selain itu, dia juga dikenal sebagai Komisaris Independen Fortune Indonesia, dan Komisaris Kapanlagi-Youniverse.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.