Dark/Light Mode

KBRI Roma Dan KBRI Vatikan Rayakan Natal Bersama

Minggu, 20 Desember 2020 07:39 WIB
Duta Besar Indonesia untuk Italia Roma Esti Andayani (depan tengah) didampingi beberapa staf hadir di Wisma Duta KBRI Roma. (Foto KBRI Roma/Harian Rakyat Merdeka)
Duta Besar Indonesia untuk Italia Roma Esti Andayani (depan tengah) didampingi beberapa staf hadir di Wisma Duta KBRI Roma. (Foto KBRI Roma/Harian Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perayaan Natal Tahun 2020 di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Roma (KBRI Roma) telah diselenggarakan secara hybrid pada Jumat, 18 Desember 2020, karena Italia saat ini masih berada pada fase kedua (second phase) penanganan Covid-19.

Duta Besar Indonesia untuk Italia Roma Esti Andayani didampingi beberapa home staff secara terbatas hadir di Wisma Duta KBRI Roma. Sementara secara virtual hadir pula Duta Besar Indonesia untuk Tahta Suci Vatikan L Amrih Jinangkung beserta istri, Bertha Jinangkung, Wakeppri KBRI Roma George Lantu, para Romo dan Suster WNI, Konsul Kehormatan RI di Italia (Jacoppo Capuccio dan Guiseppe Testa), perwakilan organisasi kemasyarakatan dan keagamaan Indonesia di Italia, pelajar dan mahasiswa, dan masyarakat lainnya.

Tercatat lebih dari 75 keluarga WNI dan Diaspora Indonesia di beberapa kota di Italia berpartisipasi dalam perayaan Natal ini, yang tetap mengedepankan protokol keamanan dan kesehatan. Kegiatan virtual ini dimulai dengan Ibadat Natal yang dipimpin oleh Romo Agustinus Purnama MSF bertemakan “Mereka akan menamakan-Nya Immanuel” pada pukul 18.00 waktu Italia.

Kegiatan ibadah ini diikuti WNI umat Kristiani yang tinggal di Italia dari rumah masing-masing. Sementara itu, Perayaan Natal dengan masyarakat dilakukan setelah ibadah, dimulai dengan penyalaan lilin oleh Dubes Esti Andayani dan beberapa home staff KBRI Roma mewakili beberapa organisasi kemasyarakatan dan keagamaan WNI di Italia.

Baca juga : Covid-19 Dan Interaksi Simbolik Masyarakat Beragama

Dalam sambutannya, Dubes Esti menyampaikan ucapan selamat Natal dan tahun baru kepada seluruh WNI di negara akreditasi. “Dalam situasi seperti ini, kita sadar bahwa manusia ternyata rapuh dan saling membutuhkan satu dengan lainya. Karenanya, semangat cinta kasih, perdamaian, persatuan dan saling tolong menolong, serta keyakinan dan keimanan yang kuat, harus terus ada dan tumbuh berkembang dalam diri kita semua,” kata Dubes Esti.

Dilanjutkannya, “Dengan kerja sama tersebut, kita yakin bisa melewati masa pandemi ini, menghadapi tantangan kehidupan, karena Tuhan selalu bersama kita semua, membawa terang di tengah kegelapan sesuai dengan tema Natal Tahun 2020.”

Dia berharap, perayaan secara virtual ini, membuat semua orang masih tetap bisa memaknai Natal. Pesan senada juga disampaikan Dubes Amrih. “Acara natal ini sederhana, namun khidmat. Ini akan menyentuh hati kita semua untuk terus memperkuat kebersamaan dalam memaknai kelahiran-Nya.”

Dubes Amrih juga menyampaikan terima kasih dapat berpartisipasi dalam acara tersebut, termasuk pada saat ibadah virtual. Dubes RI Vatikan juga menggunakan kesempatan kegiatan virtual ini untuk menyampaikan salam perkenalannya dengan WNI di Italia.

Baca juga : Ajang Shell Eco-marathon Lahirkan Banyak Inovator Muda Indonesia

Sementara itu, Romo Markus Solo SVD (Anggota Dewan Kepausan untuk Dialog Lintas Agama) menyampaikan apresiasi penggunaan latar foto Basilika Santo Petrus Vatikan yang diambil dari jalan Via della Conciliazione.

“Jalan itu memang secara khusus dibuat untuk menghubungkan Roma, Italia dan Vatikan. Semoga kerja sama kita semua, termasuk KBRI Roma dan KBRI Vatikan, dapat terus kuat dan bersinergi untuk mencapai tujuan bersama,” kata Romo Markus.

Ia mengutip pesan yang pernah disampaikan Paus Fransiskus. "Kesederhanaan hidup adalah teladan, dan Dia lahir dalam kesederhaan. Dalam kesederhaan lah, kita semakin bisa menangkap esensi Natal,” jelasnya.

Organisasi An-NUR (Nadwah Ukhuwah Roma), KMIR (Keluarga Muslim Indonesia-Roma), serta wakil agama Hindu juga menyampaikan selamat merayakan Natal melalui video recording. Acara perayaan tersebut juga sekaligus digunakan sebagai acara pisah sambut Kepala ITPC (Indonesian Trade Promotion Center) di Milan, serta staf KBRI Roma yang baru tiba.

Baca juga : MPR Gulirkan Wacana Hukuman Mati

Acara juga dimeriahkan dengan berbagai persembahan hiburan musik (menyanyi) dari berbagai pihak yang dilakukan secara virtual maupun melalui video recording, termasuk persembahan lagu dari Eki Cahayadi, WNI yang tinggal di Milan yang baru saja memenangkan ajang lomba All Together Now 2020 di salah satu TV Italia.

Meskipun dilakukan dalam kesederhanaan, perayaan Natal KBRI Roma telah memperat kebersamaan dan persatuan bagi masyarakat Indonesia di Italia. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.