Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Komite Mahasiswa Indonesia Yakin, Listyo Jadi Calon Kapolri Karena Kualitas

Minggu, 17 Januari 2021 22:49 WIB
Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo (Foto: Ng Putu Wahyu Rama/RM)
Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo (Foto: Ng Putu Wahyu Rama/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presidium Komite Mahasiswa Indonesia (KMI) Yamin yakini, Presiden Jokowi memilih Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon Kapolri berdasarkan kualitas. Dia pun juga yakin, Listyo mampu menyolidkan Korps Bhayangkara sehingga semakin profesional, modern dan terpercaya (promoter).

"Jika banyak yang meragukan kualitas Komjen Listyo dan menuding pencalonannya karena ada faktor kedekatan dengan Presiden Jokowi, itu salah besar. Di berbagai posisi yang diamanahkan, beliau selalu amanah dan berprestasi," ungkap Yamin, Minggu (17/1).

Baca juga : TikTok Awards Indonesia 2020, Ajang Apresiasi Buat Para Kreator

Sekarang, lanjut dia, jika sudah melewati tahapan fit and proper test di Komisi III DPR, Komjen Listyo diharapkan bisa menyatukan soliditas dari seluruh faksi yang ada di tubuh Polri. "Memang benar Komjen Listyo melangkahi empat angkatan di atasnya. Namun kami yakin, ditunjuknya mantan Ajudan Presiden Jokowi itu bisa diterima banyak kalangan. Terutama di internal Polri," tambahnya.

Yamin optimis, masa depan Polri akan lebih baik jika seluruh masyarakat dan stakeholders terkait selalu memberikan kritik dan memonitor kinerja penegakan hukum Polri. "Komjen Listyo tinggal menjawab segala harapan dan tantangan yang ada. Apakah bisa memenuhi ekspektasi Presiden Jokowi dan juga seluruh masyarakat Indonesia atau malah sebaliknya," imbuhnya.

Baca juga : Komjen Listyo Sigit Calon Kapolri, Supriansa: Usulan Presiden Pasti Terbaik

Yamin paham, tantangan penegakan hukum di Indonesia semakin berat dengan segala dinamika politik nasional yang ada. Ditambah lagi di masa krisis karena pandemi Covid-19 seperti ini, terjadi multiplier effect di banyak sektor.

"Sosial budaya, ekonomi, hukum, teknologi dan kebiasaan semua terdampak. Di era disrupsi penuh ketidakpastian ini, Polri harus beradaptasi dengan segala inovasinya," pesannya.

Baca juga : Presiden Ajukan Komjen Listyo Jadi Calon Tunggal Kapolri Ke DPR

Harapan Yamin mewakili Komite Mahasiswa Indonesia, Kapolri yang baru bisa membawa Polri lebih dicintai rakyat dan memimpin dengan berkeadilan. "Komjen Listyo harus membuktikan setelah resmi dilantik nanti bahwasannya beliau dipilih bukan karena mantan Ajudan Presiden dan pernah bersama di Kota Surakarta saat Pak Jokowi menjadi Walikota, beliau sebagai Kapolresnya. Jawab segala tudingan miring itu dengan kinerja dan prestasi," pungkasnya. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.